ilustrasi pemeriksaan tekanan darah/net
ilustrasi pemeriksaan tekanan darah/net
KOMENTAR

GERAKAN wall squat dan plank bisa dijadikan salah satu gerakan yang melibatkan otot untuk meredakan tekanan darah atau hipertensi seseorang. Agar tubuh selalu segar, bugar dan tetap selalu sehat. 

Selain itu, aktivitas oahraga lainya seperti kardio, lari, juga direkomenedasikan sebagai penunjang aktivitas fisik terbaik menstabilkan tekanan darah kalian lho!

Hal ini disampaikan pada studi British Journal of Sports Medicine. Di mana, disebutkan pada studi tersebut bahwa latihan fisik jenis ini dikenal dengan sebutan latihan isometrik atau statis. Di mana otot yang berkontraksi tapi tanpa meregang dan sendi yang terlibat tidak bergerak. Kesemuanya memfasilitasi stabilitas tubuh.

Sementara itu lari sebagai latihan aerobik ditemukan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah diastolik.

Hasil meta-analisis tersebut juga mengingatkan adanya faktor lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

"Ini termasuk menjaga berat badan yang sehat, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, mengurangi asupan garam, tak terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol, dan meminum obat yang diresepkan," kata Ahli kardiovaskular di British Heart Foundation Joanne Whitmore. 

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan hubungan pasti antara latihan isometrik dan tekanan darah. Pasalnya, hingga saat ini tak diketahui pasti apa yang membuat latihan isometrik bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan.

 




Kenali Gejala Diabetes di Malam Hari

Sebelumnya

Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health