Dok. Sekretariat Ponpes At-Taqwa Putra
Dok. Sekretariat Ponpes At-Taqwa Putra
KOMENTAR

MENYAMBUT Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Pondok Pesantren Attaqwa Putra mengadakan Dauroh Ilmiah (Kajan Keilmuan) dengan narasumber Dr. Lukmanul Hakim Al-Azhari, Lc., MA. (Doktor Hadits Universitas Al Azhar Cairo, Mesir)

Daurah dimulai pada Selasa (18/7/2023) pagi atau 30 Dzulhijjah 1444 H atau jelang malam 1 Muharram 1445 H. untuk mengkaji tuntas kitab “Nihayat Ash-Shofa fii Mahabbah An-Nabi Al-Musthafa saw.”.

Dalam keterangannya, Sekretariat Pondok Pesantren Attaqwa Putra menyatakan bahwa kitab yang dikaji—yang makna judulnya adalah “Puncak Kemurnian Mencintai Nabi Pilihan saw.—merupakan salah satu dari 17 buah karya Ilmiah narasumber daurah Dr. Lukmanul Hakim yang semuanya ditulis beliau dalam bahasa Arab dan telah diterbitkan di Mesir, Malaysia, dan Indonesia.

Dalam pengantar kajian, Pimpinan Pondok Pesantren Attaqwa Putra KH. Husnul Amal Mas’ud, Lc., D.E.S.A. mengungkapkan pentingnya mensyiarkan momentum hari-hari besar Islam seperti tahun baru hijriah dengan kegiatan positif dan bermanfaat sebagaimana pesan pendiri Attaqwa dan Pahlawan Nasional asal Bekasi, Almaghfurlah KH. Noer Ali.

Pimpinan Pondok alumni Mesir dan Maroko tersebut berpesan kepada pseerta daurah untuk selalu mengobarkan semangat dan memaknai nilai-nilai hijrah secara kontekstual agar dapat menjawab tantangan umat Islam di setiap zaman.

Kyai Husnul Amal menegaskan kembali pentingnya peran guru dan mengaji dengan kajian keilmuan bersanad seperti daurah kali ini. Dengan membaca tuntas buku kajian yang bersanad langsung kepada penulis buku yang sekaligus narasumber, beliau berharap para guru dan santri dapat semakin memaknai dan mendalami cinta dan mencintai Nabi saw. sesuai dengan tuntunan Nabi saw, para sahabat, salafussalih dan ulama yang muktabar.

Di akhir acara, narasumber daurah memberikan Ijazah buku karangannya tersebut beserta sanad hadits musalsal bil awwaliyah dan musalsal bil mahabbah kepada para Dewan Guru dan Santri Pondok Pesantren Attaqwa Putra.

Pawai Tarhib 1 Muharram 1445 H.

Dalam rangkaian syiar menyambut tahun baru Islam, Dewan Masjid Attaqwa (DMA), Ikatan Remaja Attaqwa (IKRA) dan Pondok Pesantren Attaqwa Putra juga mengadakan Pawai Tarhib 1 Muharram 1445 H.

Pawai yang dimulai dari Plaza Masjid Jami Attaqwa Pondok Pesantren Attaqwa Putra dilepas oleh Pimpinan Pondok Pesantren Attaqwa Putra, KH. Husnul Amal Mas’u, Lc., D.E.S.A. (mewakili Pimpinan Yayasan dan Dewan Masjid Attaqwa) dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DMA dan jajaran pengurus DMA, Ketua IKRA, Babinsa dan Bimaspol Kelurahan Bahagia serta para tokoh agama masyarakat.

Pawai diikuti oleh ribuan peserta dari 69 masjid/musala, pemuda/i IKRA Cabang Attaqwa, Majlis Taklim kaum ibu dan juga para santri Pondok Pesantren Attaqwa Putra dengan rute pawai pejalan kaki mengelilingi Desa Bahagia. Sedangkan rute pengendara motor dan mobil pawai mengelilingi Kecamatan Babelan.

Dengan riang gembira sekaligus khidmat dan tertib para peserta pawai menyanyikan lagu-lagu religi sepanjang rute pawai dengan membawa obor dan berbagai panji dan baliho syiar tahun baru Islam.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News