Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara Dialog Interaktif Desa Kreatif, Bekasi/Dok. Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara Dialog Interaktif Desa Kreatif, Bekasi/Dok. Kemenparekraf
KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan potensi MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition) di kota Bekasi.

"Saya mengapresiasi ADKI (Asosiasi Desa Kreatif Indonesia) yang berkolaboras dengan Pemkot Bekasi untuk memberi pelatihan pada para pelaku ekraf dan UMKM, sebagai upaya mempersiapkan Bekasi sebagai (daerah) wisata bisnis," ungkap Sandiaga dalam acara Dialog Interaktif Desa Kreatif di Kantor Walikota Bekasi, Sabtu (8/7/2023).

Terkait hal itu, Menparekraf memastikan bahwa wisata bisnis yang banyak dikenal dengan sebutan MICE adalah potensi besar yang harus dioptimalkan kota Bekasi sebagai wilayah penyangga ibu kota.

Menurut Menteri Sandiaga, Bekasi bisa mengambil peluang untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya peluang untuk menggelar pertemuan, kegiatan perusahaan, atau pameran. Semua demi mendorong 4,4 juta lapangan kerja tahun 2024.

Target tersebut disikapi optimis oleh Menparekraf, yang berharap semakin banyak UMKM terbantu sehingga bisa memberi kesejahteraan lebih banyak.

Dengan memaksimalkan event-event MICE, pelaku UMKM juga bisa memasukkan produk-produk mereka sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Hal itu dinilai mampu mendongkrak omzet aneka produk penganan, seni pertunjukan, hingga batik yang dihasilkan pelaku UMKM.

"Kita akan melakukan pelatihan dan pendampingan untuk pelaku industri ekraf agar ada nilai tambah bagi pelaku UMKM," tegas Menparekraf.




Menkes Budi: Deteksi Dini Kanker Bisa Dilakukan di Puskesmas

Sebelumnya

Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Melahirkan, RS Marzoeki Mahdi & King’s College London Hospital Tanda Tangani Kerja Sama

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News