Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

LIBUR sekolah sudah hampir selesai, lho. Sudahkan Bunda mempersiapkan sejumlah hal agar anak lebih siap untuk memulai tahun ajaran baru ini?

Sudah dua minggu ini, anak asyik dengan libur panjang, puas bermain gadget, atau mengunjungi sanak saudara hingga tempat wisata. Rutinitas tidurnya pun terganggu, sebagian besar menjadi lebih sering bangun siang karena aktivitas liburan yang cukup padat.

Sekarang, sudah saatnya nih Bunda untuk membantu mereka mempersiapkan hal-hal penting agar anak bisa move on dari libur panjangnya dan kembali siap menerima pelajaran di sekolah.

Tidur lebih awal dan bangun lebih awal

Mulai biasakan anak untuk tidur lebih awal. Kegiatan santai yang lembut seperti waktu mandi dan membaca sebelum tidur, dapat membantu anak lebih rileks dan tidur tepat waktu.

Bangun kembali rutinitas

Bangun kembali rutinitas yang konsisten. Tuliskan Langkah-langkah dalam rutinitas dan latihlah dengan anak. Di malam hari, ajak mereka membaca buku, mengerjakan pekerjaan rumah, menyikat gigi, dan aktivitas lain yang mengingatkan mereka pada sekolah.

Batasi penggunaan gadget

Kembali ke sekolah adalah kesempatan sempurna untuk menetapkan kembali batas waktu pemakaian gadget. Mintalah seluruh anggota keluarga untuk menyimpan gadget mereka malam hari sebelum tidur. Pilih satu tempat di mana ponsel dapat mengisi daya. Gunakan jam alarm pada ponsel untuk bangun pagi.

Bicarakan tentang hari pertama masuk sekolah

Yakinkan anak bahwa gugup itu wajar, bahkan untuk seorang guru. Kemudian, bantu anak untuk mengatasi perasaannya. Biarkan mereka mengekspresikan ketakutannya. Kemudian, tawarkan cerita tentang kegugupan Bunda di hari pertama masuk sekolah.

Setelah itu, ajarkan mereka untuk bernapas dalam dan perlahan guna menenangkan saraf mereka. Diskusikan apa yang harus mereka lakukan di hari pertama masuk sekolah.

Terakhir, rayakan hari pertama ke sekolah sehingga anak-anak dapat menikmatinya. Cobalah buat pesta kecil-kecilan sebelum sekolah dimulai, lengkap dengan kue, balon, dan hadiah pendidikan (buku, tas, sepatu, dan lainnya). Jangan lupa, abadikan anak dengan seragam lengkapnya, berdiri di depan rumah. Pasti itu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting