Almarhumah Aminah Cendrakasih/IG Si Doel Anak Sekolah
Almarhumah Aminah Cendrakasih/IG Si Doel Anak Sekolah
KOMENTAR

AMINAH Cendrakasih memang telah tutup usia pada 21 Desember 2022, namun kariernya di dunia akting yang begitu cemerlang membuat ia menjadi salah satu aktris papan atas Indonesia. Dan hari ini, Google Doodle merayakan perannya dalam membesarkan dunia hiburan Tanah Air.

Bagi Mak Nyak, begitu ia akrab disapa, dunia hiburan bukan hal baru. Ibunya Wolly Sutinah (Mak Wok) dan ayahnya Husni Nagib adalah artis terkenal di zamannya. Bahkan Husni merupakan komedian pada masa penjajahan Belanda.

Aminah lahir di Magelang, 29 Januari 1938. Ia memulai karier keartisannya pada 1955 lewat panggung sandiwara sebagai seorang pemain dan penyanyi. Di tahun yang sama, dia mendapat kesempatan berakting dalam film Oh, Ibuku yang merupakan bagian pertama dari film Gadis Tiga Djaman dan Puteri Revolusi garapan Garuda Film dan Semeru, di bawah arahan sutradara Ali Yoga.

Dan masih di tahun yang sama pula, Aminah beradu akting dengan ibunya dalam film Gambang Semarang.

Masih banyak lagi judul film yang dibintangi, salah satunya Ibu dan Putri yang disutradarai oleh Ha van Wu (1955). Kala itu, Aminah mendapatkan peran utama bersama dengan Lies Noor. Dan yang membuat ia semakin mengokohkan diri sebagai aktris besar adalah perannya sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolah.

Hingga tutup usia, tercatat ada 101 film yang telah dibintangi. Dan berkat loyalitasnya di dunia peran, Aminah menerima Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional (1992).

Berikut beberapa film dan sinetron lain yang diperankan Aminah Cendrakasih:




Mengintip Keseruan Berbelanja Fuji hingga Bryan Domani di Miniso Pink

Sebelumnya

Stephanie Poetri setelah I Love You 3000, Makin Berkibar di Pentas Musik Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment