KOMENTAR

AKTRIS Rachel Amanda tengah menempuh tahun pertamanya berkuliah S2 Entertainment Communication di Universiteit Van Amsterdam (University of Amsterdam). Alumnus S1 Psikologi di Universitas Indonesia ini melanjutkan pendidikan tingginya dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) adalah program beasiswa pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek. Beasiswa ini didanai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), seperti halnya beasiswa LPDP lainnya. Salah satu jenis beasiswa BPI yakni Beasiswa S2 Pelaku Budaya, yang diraih Amanda.

"Sebagai salah satu pelaku budaya, rasanya sangat senang dan bersyukur, terutama ketika mengetahui Kementerian Pendidikan memberikan jalur atau kesempatan bagi kami selaku pelaku budaya untuk melanjutkan studi sesuai tingkat akademik, sesuai apa yang kami minati, atau karier sedang jalani sekarang," tutur Amanda dalam Silaturahmi Merdeka Belajar: Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia, dikutip Jumat (30//2023) mengutip detikcom

Menurutnya saat ini belum semua pelaku budaya mengetahui adanya beasiswa tersebut. Ia juga mendorong teman-teman pelaku budaya untuk meningkatkan kualitasnya, memperdalam ilmunya, agar bisa punya dampak yang lebih luas. 

Amanda menuturkan, masih ada anggapan bahwa pelaku budaya tidak perlu sekolah formal karena karier tetap bisa berjalan. Namun baginya, pendidikan tinggi tetap penting untuk memperdalam ilmu, meningkatkan kesejahteraan hidup, dan memperkenalkan budaya dan negara.

"Budaya satu aspek sangat kuat ketika kita memperkenalkan negara ke kancah internasional, warisan yang bertahun-tahun ada sejak dulu, yang ingin kita lestarikan. Masak sih enggak ada sekolahnya? Masak enggak ada jenjang akademik yang bisa diambil?" ungkap Amanda.

Baginya, kuliah lebih lanjut juga jadi salah satu cara memahami bidangnya secara keilmuan. Dengan begitu, ia dan rekan-rekan pelaku budaya dapat lebih berdampak lebih mendalam.

"Saya selalu merasa bahwa seni dan sains bisa dijalankan bersama, dan ini adalah wadah yang diberikan Beasiswa Pendidikan Indonesia, memfasilitasi kami untuk mempelajari itu. Misalnya mau bicara tentang seni, budaya, kepenulisan, tidak semata berdasarkan pengalaman kami, tetapi juga bisa membicarakannya dalam bahasa yang lebih ilmiah atau saintifik. Jadi buat saya ini sangat perlu dan sangat membantu," kata Amanda.




5 Fakta Film Badarawuhi yang Disebut-sebut Lebih Horor dari KKN di Desa Penari

Sebelumnya

Mengintip Keseruan Berbelanja Fuji hingga Bryan Domani di Miniso Pink

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment