KOMENTAR

UNTUK bisa meneruskan pendidikan sampai perguruan tinggi, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan para calon maba atau mahasiswa baru. Dalam hal biaya salah satunya, yang merupakan salah satu hal penting yang perlu disiapkan sejak jauh hari karena jumlahnya yang pasti tidak murah.

Orang tua wajib tahu, berikut ini sejumlah persiapan yang harus dilakukan jelang anak masuk kuliah.

1. Biaya tempat tinggal

Bagi mahasiswa yang kuliah di luar kota asal hal pertama yang harus masuk dalam list kebutuhan adalah tempat tinggal seperti kosan atau bahkan apartemen.

Kos-kosan bisa ditemukan banyak di wilayah sekitar kampus. Ada yang murah hingga eksklusif. Biasanya kualitas akan mengikuti harga kosan. Sekarang banyak juga apartemen yang bisa dijadikan alternatif tempat tinggal ketika kuliah.

2. Peralatan dan perlengkapan kuliah

Peralatan dan perlengkapan kuliah perlu disiapkan seperti buku catatan, alat tulis, dan hingga tas. Selain itu juga ada kebutuhan lain yaitu gadget seperti laptop atau tablet yang menjadi 'senjata' mahasiswa untuk menggarap tugas.

3. Kendaraan/transportasi

Kendaraan untuk mobilitas juga menjadi kebutuhan mahasiswa sebab bisa menghemat biaya transportasi. Di beberapa daerah ada juga yang tidak memiliki transportasi umum sehingga kendaraan pribadi sangat membantu untuk mobilitas.

Bagi mahasiswa baru bisa membeli kendaraan baru, namun tidak ada salahnya juga membeli kendaraan bekas asal kondisinya masih bagus.

4. Makan

Saat menjadi mahasiswa ada baiknya melakukan survei mengenai tempat makan di lingkungan sekitar kampus. 

Para mahasiswa baru bisa memetakan tempat makan mana yang yang murah dan mahal. Kemudian tempat nongkrong hingga tempat kerja tugas di luar. Hal ini bisa diandalkan dalam kehidupan sehari-hari dan mengatur uang bulanan selama kuliah.

5. Kebutuhan sehari-hari dan tugas

Selain itu juga perlu memperkirakan biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti listrik dan air di kosan, kuota, bensin, dan lainnya.

Termasuk biaya untuk tugas seperti untuk print dan jilid serta kegiatan praktik lapangan.

Nah Sahabat Farah, meskipun sekilas biaya yang diperlukan untuk kuliah ini cukup banyak, namun mahasiswa bisa mempersiapkannya lebih awal. Termasuk gunakanlah beasiswa untuk beberapa biaya kuliah yang ada, agar semakin ringan. 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family