KOMENTAR

SETIAP orang memiliki kekebalan tubuh berbeda. Tak banyak dari mereka sangat sensitif dengan cuaca dingin. Rupanya, penyebab lain selain kekebalan tubuh lemah juga bisa dikarenakan alergi dingin.

Urtikaria dingin atau yang sering kita dengan penyakit alergi terhadap suhu dingin terjadi saat si penderita mengalami reaksi alergi saat berkontak dengan udara, air, ataupun permukaan benda yang bersuhu dingin.

Gejala yang timbul sangat berbeda dengan mereka yang tidak memiliki alergi dingin loh!

Dilansir dari berbagai sumber, seperti sebagian mengalami reaksi ringan terhadap dingin, sementara yang lain mengalami reaksi parah.

Nah, bagi mereka yang mengalami alergi dingin biasanya langsung bereaksi ketika seseorang terkena paparan langsung udara dingin, air dingin atau ketika terjadi perubahan suhu yang turun secara drastis, terutama di pagi hari.

Efek atau reaksi yang biasa terjadi seperti bersin di pagi hari sebelum bumi terpapar cahaya matahari.

Atau bisa dilihat juga dari gejalanya yang ditimbulkan. Dari kulit, seseorang yang memiliki alergi dingin akan mengalami bentol-bentol besar serta ruam kemerahan dan bengkak ketika terpapar temperatur dingin. Bentol-bentol itu biasanya baru muncul setelah kulit sudah hangat.

Bisa juga mengapa seseorang mengalami alergi dingin antara lain dikaitkan dengan infeksi, gigitan serangga, hingga kanker darah. Yang jelas, reaksi alergi muncul ketika kulit terpapar udara dingin yang menjadi alergen.

Alergen itu mengaktifkan sel mast atau mastosit sehingga memicu adanya pelepasan histamin dalam jumlah cukup besar yang kemudian menyerang sistem kekebalan tubuh.

Hal inilah yang membuat seseorang terkena alergi dingin akan mengalami beberapa gejala seperti hidung gatal, tersumbat, bersin-bersin, sesak napas hingga ruam biduran pada kulit.

Selain faktor tersebut, alasan lain bisa terkena alergi dingin,disebabkan karena infeksi. Seseorang yang baru saja terkena infeksi seperti pneumonia atau radang paru-paru ternyata lebih berisiko mengalami alergi dingin.

Disebabkan genetika juga bisa jadi penyebab seseorang terserang alergi dingin. Anak mewarisi penyakit alergi dingin dari orang tuanya.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health