Ilustrasi makanan bayi/MapleHorizons
Ilustrasi makanan bayi/MapleHorizons
KOMENTAR

USAHA makanan bayi menjadi bagian dari bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya orang tua yang memilih makanan bayi organik dan alami untuk anak mereka. Dengan jumlah ibu bekerja yang semakin banyak, permintaan makanan bayi instan juga meningkat. 

Walaupun terlihat sederhana, namun franchise makanan yang satu ini juga membutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Hal ini dilakukan agar bisnis kita bisa berkembang dan menghasilkan omzet yang besar. Berikut ini langkah-langkah yang harus dijalani untuk memulai bisnis olahan sehat makanan bayi.

1. Riset Pasar

Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen, serta tren makanan bayi saat ini. Kita bisa melakukan survei atau wawancara dengan calon konsumen, membaca literatur terkait, atau melihat data pasar yang tersedia.

2. Buat Resep dan Kembangkan Produk

Buatlah resep makanan bayi yang sehat dan lezat. Pastikan bahwa produk yang kita tawarkan memenuhi standar kesehatan dan keamanan makanan bayi. Kembangkan produk dengan berbagai varian rasa untuk si kecil.

3. Pastikan Izin Usaha

Pastikan bahwa bisnis kita memiliki izin usaha yang lengkap dan sesuai dengan peraturan pemerintah, seperti izin produksi makanan atau izin usaha dagang. Untuk lebih terjamin, pastikan produk kita memiliki sertifikat halal.

4. Tentukan Lokasi Produksi

Pilih lokasi produksi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Pastikan bahwa lokasi tersebut memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan makanan, serta mudah diakses oleh supplier dan distributor. Ingat, tidak perlu bangunan yang terlampau besar dan membutuhkan biaya sewa besar.

5. Tentukan Nama Brand dan Desain Kemasan

Pilihlah nama brand yang menarik dan sesuai dengan dunia anak-anak. Rancanglah desain kemasan yang mudah dikenali oleh konsumen. Dan pastikan kemasan aman dan ramah lingkungan. Cantumkan label nutrisi dan informasi bahan-bahan yang digunakan agar kredibilitas produk kita semakin baik.

6. Distribusi

Tentukan metode distribusi yang sesuai dengan bisnis kamu, seperti melalui supermarket, toko khusus bayi, atau marketplace. Pastikan distributor yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik dan dapat menjaga kualitas produk selama proses distribusi.

7. Pemasaran

Lakukan promosi dan pemasaran produk dengan tepat, seperti melalui iklan, media sosial, event, atau kerja sama dengan influencer. Pastikan bahwa promosi yang kamu lakukan sesuai dengan target pasar dan dapat menjangkau calon konsumen secara efektif.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family