KOMENTAR

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi meluncurkan corak baru Batik Kota Bekasi yaitu Batik Blora

“Filosofi batik sangat erat dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat. Batik sebuah identitas yang  diwarisi nenek moyang sejak ratusan tahun,” ungkap Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Krisman Irwandi dalam acara peluncuran Corak Baru Batik Kota Bekasi yang diselenggarakan Forum Seniman Bekasi, Jumat (9/6/2023).

“Dengan adanya berbagai macam motif batik Kota Bekasi yang berkembang perlu diingat juga bahwa keragaman batik harus diimbangi dengan kualitas, serta upaya untuk mengekspos dan mempromosikan melalui berbagai media agar lebih dikenal dan mempunyai daya saing di daerah lain,” tambah Krisman.

Krisman mengatakan pihaknya mendukung dan terus memasyarakatkan batik khas Kota Bekasi di setiap tempat maupun kegiatan.

“Komitmen pemerintah untuk terus mengapresiasi kekayaan intelektual seniman kita dan penghargaan tinggi kepada budaya,” jelas Krisman.

Sementara itu, Ketua Forum Seniman Bekasi Sarkeh menyampaikan pengembangan batik Bekasi dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari promosi, sosialisasi, peningkatan kapasitas perajin, diversifikasi produk serta desain motif batik sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.

“Batik Blora yang di-launching ini merupakan sebuah karya terbaik dari hasil proses lomba desain batik yang telah diselenggarakan dalam upaya menggali ide kreatif dari masyarakat dalam merancang desain yang terus berkelanjutan,” ungkapnya.

Dalam acara peluncuran tersebut juga digelar fashion show corak baru batik Kota Bekasi lainnya seperti corak Ikan Gabus, Ikan Lele, Ikan Bandeng, Buah Kecapi, Gigi Balang Kota Bekasi, Bunga Teleng, Burung Sriti, Sambar Geledek, dan corak motif Rawa.

Para model memperagakan karya batik dari para juara dan perajin batik Kota Bekasi, sementara seni musik juga tampil sebagai pembuka acara.




7 Langkah Make Up bagi Pemula

Sebelumnya

Sunscreen Wudhu Friendly untuk Muslimah, Bagaimana Memilihnya?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga