KOMENTAR

MAHASISWA S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) siap menggelar UNJ Fashion Event (UFE) 2023 bertema SONAVERSE: THE ROLE OF PERSONA pada 2 Juni 2023 mulai pukul 13.00 WIB, bertempat di SMESCO Convention Hall, Jakarta.

Pada penyelenggaraan tahun ini, tercatat 53 desainer berpartisipasi dengan masing-masing memamerkan tiga rancangan mereka. Dengan demikian, UFE 2023 akan menghadirkan total 159 karya.

Tema SONAVERSE: THE ROLE OF PERSONA dipilih untuk menggabungkan konsep karakter manusia dengan sustainable fashion. Konsep ini sejatinya merupakan ‘pengakuan’ bahwa limbah hasil fesyen sebagai masalah atau situasi paling menyulitkan untuk bumi dan manusia. Dan UFE mengumpamakan dirinya sebagai "Bumi Lain" dengan karakteristik penduduknya yang sangat mencintai dan peduli terhadap tempat yang mereka tinggali.

Lewat inspirasi The Role of Persona ini, UNJ Fashion Event 2023 menghadirkan refleksi pengetahuan tentang pemaksimalan karakter manusia dari kelebihan dan kekurangannya yang berorientasi pada kecintaan terhadap sesama dan bumi sebagai tempat tinggal.

SONAVERSE: THE ROLE OF PERSONA diadaptasi ke dalam empat subtema berikut ini.

Phlegmatic-The Society

Seorang phlegmatic membangun karya dengan menyatukan sebuah desain dengan kain sisa karena rasa kepeduliannya, secara netral, dan tidak mau menghakimi pembisnis lain. Fokusnya hanya pada keindahan di tengah keberagaman.

Phlegmatic tidak antusias untuk mengkritik orang lain karena phlegmatik sendiri tidak mau dikritik. Lagi-lagi, ekspektasinya hanya keberagaman yang indah.

Choleric-The Provident

Seorang choleric secara ambisius dan percaya diri berusaha mendominasi cara berbisnis dengan perhitungan yang matang. Choleric secara keras kepala dan egois merepresentasikan cara berbisnis dengan matang guna mempermalukan oknum pembisnis yang hanya memperhitungkan keuntungannya sendiri.

Melancholic-The Ecosystem

Seorang melancholic siap untuk menjadi penyebar kasih sayang dan membuat perubahan pada bumi yang ditinggali. Melancholic ingin kesempurnaan terjadi hingga dampak buruk tadi tetap membuat bumi terjaga. Walaupun seringkali permasalahan tersebut membuatnya terpuruk, namun dengan sensitivitasnya, seorang melancholic selalu menginginkan dunia menjadi lebih baik lagi.

Sanguine-The New Reality

Seorang sanguine bereksperimen menciptakan realitas baru, yang secara fleksibel mengikuti perkembangan realitas yang ada, dan ia berusaha mengekspresikan perasaannya menjadi sebuah karya yang indah.

Sanguine tidak terlalu memusingkan realitas yang ada. Ia tidak berusaha mencari solusi dan hanya ingin melarikan diri, dengan cara membangun realitas baru yang indah dengan ketidakteraturan.

Bagi pecinta fesyen, jangan lupa untuk beli tiketnya di https//kiostix.com/e/unj-fashion-event. Bagi pembeli tiket VIP, dapatkan exclusive merchandise UFE 2023. Dan info lebih lanjut dapat dilihat di Instagram @unjfashionevent.

See you at UNJ Fashion Event 2023.




Limited Stock, Buttonscarves Gandeng Halima Aden Luncurkan Koleksi The Crown Series

Sebelumnya

Ini Dia Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Harus Kamu Hentikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga