Ilustrasi ibu dan anak laki-lakinya/ Net.
Ilustrasi ibu dan anak laki-lakinya/ Net.
KOMENTAR

DALAM sebuah kajian bersama Najwa Shihab, Prof. Quraish Shihab menceritakan kisah seorang ibu yang ditanya rahasianya untuk bisa memiliki anak-anak yang sukses.

Dari pengalamannya, ibu itu ternyata melakukan tiga hal ini kepada anak-anaknya.

Pertama, dia tidak memberi makanan yang haram kepada anak-anak.

Sudahlah tentu, bukan hanya makanannya yang halal (dibuat dengan bahan-bahan yang halalan thayyiban, tidak mengandung zat-zat yang diharamkan) melainkan juga sumber rezeki yang digunakan untuk membeli makanan adalah sumber yang halal.

Kedua, dia selalu berdoa agar anak-anaknya tidak tergelincir ke lembah maksiat dan dosa.

Sang ibu mengatakan bahwa dia senantiasa memanjatkan doa, "Semoga Allah membantumu."

Dan ibu itu menambahkan, kendati anak-anaknya berbuat nakal, dia tidak pernah mengucapkan hal-hal buruk pada buah hatinya. Sang ibu tetap mendoakan anaknya dengan permohonan, "Semoga Allah memberimu hidayah."

Ketiga, dia tidak pernah menuntut anak-anaknya menjadi nomor satu di kelas dalam pelajaran.

Ibu itu menjelaskan bahwa dia tidak pernah menuntut anak-anaknya untuk meraih posisi ranking satu di kelas dalam urusan akademik.

Dia menegaskan, dia hanya menutut anak-anaknya untuk belajar bersungguh-sungguh agar berbagai ilmu pengetahuan bisa mereka kuasai dan bermanfaat untuk menjadikan masa depan mereka cerah.

Jelaslah ayah bunda, anak-anak adalah cerminan apa yang dilakukan orang tua. Jika orang tua 'menanam' kebaikan dalam diri anak sejak kecil, maka orang tua pasti 'menuai' kebaikan dari anak-anak kala mereka beranjak dewasa.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting