KOMENTAR

BANGUN pagi banyak rezeki, begitu kira-kira orang memaknai pentingnya memulai aktivitas sepagi mungkin.  

Bagi umat Muslim, menunaikan salat Subuh di awal waktu menjadi ‘tonggak’ untuk memulai hari. Sebaiknya kita tidak tidur lagi setelah waktu subuh agar nantinya tidak terburu-buru dan tidak terlambat pergi ke sekolah maupun berangkat bekerja.

Ada setidaknya 6 (enam) rutinitas pagi yang sebaiknya kita selalu lakukan agar otak makin terasah dan kita makin cerdas, meskipun usia semakin bertambah.

Berdoa dan beribadah

Memulai hari dengan doa dan ibadah sudah pasti akan membuat hati lebih tenang dan rasa percaya diri kita tumbuh. Kita meyakini langkah kita untuk bekerja dan beramal saleh akan selalu diridai Allah Swt. Dan tentunya kita pun memohon agar Allah memberi kemudahan untuk menghadapi berbagai masalah yang mungkin menghampiri kita.

Menghindari bermain gawai

Fokuslah pada rutinitas pagi kita dan singkirkan gawai. Banyak sekali kegiatan yang mesti kita lakukan dan kita harus berpikir taktis untuk bisa menyelesaikannya dalam waktu singkat. Sekali kita membuka layar ponsel, akan sulit untuk berpaling.

Menyantap sarapan

Jika ingin otak terasah dan tubuh fit untuk memulai aktivitas, kita TIDAK BOLEH mengabaikan sarapan. Menyantap sarapan sehat amat dibutuhkan sebagai bahan bakar tubuh kita. Jika memang kita akan melakukan banyak kegiatan yang membutuhkan stamina fisik, makan lebih banyak karbohidrat dan protein sah-sah saja.

Membaca buku selama 30 menit

Hei, jangan anggap remeh kegiatan membaca di pagi hari. Bagi pelajar, membaca di pagi hari di saat otak dan tubuh masih fresh akan membuatnya lebih cepat memahami dan menghafal materi pelajaran. Demikian pula untuk ibu rumah tangga, membaca buku atau membaca berita di pagi hari membuat wawasan dan pengetahuan bertambah sehingga daya berpikir kita terasah setiap hari.

Berolahraga pagi

Dengan berolahraga, tidak hanya tubuh menjadi segar dan bugar tapi juga aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Kita pun tidak malas untuk berpikir.

Merancang to-do list yang siap dikerjakan hari ini

Membuat daftar yang harus dikerjakan hari ini membuat kita belajar manajemen waktu. Kita berusaha menepati daftar yang kita buat karena kita menyadari betapa berharganya waktu, dan kita juga belajar untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin.




Temukan Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Sebelumnya

Hentikan Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil, Ini Bahayanya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health