KOMENTAR

DATA terbaru dalam jurnal Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat melaporkan 145 kematian akibat flu anak (pediatric flu) pada musim ini.

Dilansir Xinhua (28/4/2023), CDC melaporkan setidaknya ada 26 juta kasus penyakit flu, dengan 290.000 kasus rawat inap, dan 19.000 kematian akibat flu sejauh musim ini.

Hampir 1.000 orang dirawat di rumah sakit karena flu pada minggu terakhir yang berakhir 22 April 2023.

Berdasarkan kondisi tersebut, CDC merekomendasikan agar setiap orang yang berusia 6 bulan ke atas harus mendapatkan vaksin flu tahunan selama penularan flu berlanjut.

Dilansir laman resmi www.cdc.gov, vaksinasi flu sangat penting bagi anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun atau anak-anak dari segala usia yang memiliki kondisi medis tertentu, karena mereka lebih mungkin mengalami komplikasi flu serius yang dapat menyebabkan rawat inap dan kematian.

Mendapat vaksin telah terbukti mengurangi penyakit flu, kunjungan dokter, melewatkan hari sekolah, dan mengurangi risiko rawat inap dan kematian terkait flu pada anak-anak. Bahkan jika anak yang divaksinasi jatuh sakit, vaksinasi telah terbukti mengurangi keparahan penyakit.

Pelaporan kematian flu pada anak-anak telah diberitahukan secara nasional sejak tahun 2004.

Jumlah kematian akibat flu anak yang dilaporkan ke CDC setiap musim kemungkinan besar lebih sedikit dari realitas di lapangan karena kemungkinan tidak semua kematian terkait flu pada anak-anak tercatat.

Misalnya, meskipun jumlah kematian terkait flu yang dilaporkan pada anak-anak selama musim flu 2019-2020 adalah 199 anak, CDC memperkirakan jumlah sebenarnya kematian terkait flu pada anak-anak pada musim tersebut adalah sekitar 434 anak saat mengoreksi kekurangan deteksi.

Selain mendapatkan suntikan flu, anak-anak dan pengasuh anak kecil harus mengambil tindakan pencegahan yang direkomendasikan CDC untuk semua orang, termasuk menutupi batuk, sering mencuci tangan, dan menghindari orang yang sakit.

CDC juga mengimbau penggunaan sejak dini resep obat antivirus flu yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit flu. Obat antivirus flu ini dapat diminum anak-anak, yang dapat membuat gejala flu menjadi lebih ringan dan dapat mempersingkat durasi penyakit flu.




63 Tahun bank bjb #BeraniJadiBeda, Tegaskan Komitmen Pelayanan Terbaik dan Inovasi untuk Indonesia

Sebelumnya

Dubes RI untuk Spanyol Muhammad Najib: Pemilu Damai Jadi Bukti Indonesia Negara Mayoritas Muslim yang Makin Dewasa dalam Berdemokrasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News