Menteri Bintang mengecek kondisi anak-anak yang mudik/ Merdeka
Menteri Bintang mengecek kondisi anak-anak yang mudik/ Merdeka
KOMENTAR

MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengapresiasi pelayanan ramah perempuan dan perlindungan anak yang diberikan kepada pemudik oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Pelayanan ramah perempuan dan perlindungan anak tersebut terlihat dari ketersediaan sejumlah fasilitas penunjang yang tersedia di stasiun.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT KAI, dari standarisasi yang kita harapkan untuk dapat memberikan perjalanan mudik yang aman, nyaman, serta ramah perempuan dan perlindungan anak, secara umum itu semua sudah dipenuhi,” ujar Menteri Bintang saat meninjau aktivitas mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Minggu (16/4/2023).

Stasiun Pasar Senen telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang ramah perempuan dan perlindungan anak seperti area bermain anak dekat pintu masuk keberangkatan, ruang laktasi, posko Kesehatan, juga area tunggu yang dikhususkan bagi penumpang disabilitas.

Selain meninjau fasilitas yang tersedia di stasiun, Menteri PPPA juga melihat langsung kondisi para pemudik perempuan dan anak yang sedang berada di dalam KA Jayabaya tujuan Malang menunggu keberangkatan kereta.

“Ruang laktasi sudah disediakan, dan untuk pemeriksaan kesehatan sudah difasilitasi dengan baik pula, kemudian terkait disabilitas, sudah ada langkah-langkah luar biasa yang dilakukan. Demikian pula untuk memberi suasana nyaman pada anak maka dibuatlah ruang bermain,” kata Menteri Bintang.

Selain memastikan fasilitas penunjang ramah anak dan perlindungan anak bisa diakses dengan baik, Menteri PPPA juga mengapresiasi komitmen PT KAI dalam mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di seluruh gerbong kereta. PT KAI telah membuat daftar hitam pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. Pelaku yang masuk ‘daftar hitam’ sudah tidak diperkenankan untuk naik kereta lagi.

Jangan takut dan jangan malas melaporkan jika kita menjadi korban atau saat melihat tindak kekerasan terjadi di dekat kita. Kementerian PPPA memiliki hotline 129 untuk Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) juga WhatsApp di nomor 08111-129-129.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News