Ilustrasi remaja cemas/Net
Ilustrasi remaja cemas/Net
KOMENTAR

GANGGUAN kecemasan adalah salah satu masalah kesehatan mental. Setiap orang tentu mengalami rasa cemas. Ini adalah emosi yang alami dan penting.

Namun, kecemasan yang berlebihan dapat menjadi respons yang tidak sehat. Sayangnya, gangguan kecemasan pada remaja kerap terabaikan, mengingat di masanya mereka mengalami berbagai perubahan emosi.

Dalam beberapa kasus, gangguan kecemasan pada remaja dapat menghambat perkembangan dan potensi mereka. Begitu juga dengan fisik yang terpengaruh, ditandai dengan rasa muak, pusing, telinga berdengung, hingga sesak napas.

Kondisi ini tentu saja tidak dapat diabaikan, ya Bunda. Karena itu, penting bagi Bunda untuk mengajarkan anak remajanya melakukan self-hypnosis. Caranya tidak sulit.

Hypnoterapis berpengalaman lebih dari 20 tahun, Valorie J Wells, PhD, menyarankan 5 tahapan self-hypnosis untuk mengatasi kegelisahan.

  1.  Matikan semua alat komunikasi, mulai dari ponsel, radio (pemutar musik), komputer/laptop, dan benda elektronik apapun.
  2. Duduk dengan nyaman di kursi, gunakan bantal. Cobalah untuk relaks.
  3. Tutup mata perlahan dan berimajinasilah. Bayangkan kamu sedang dipijat dengan minyak yang sangat harum, dari ujung kaki hingga kepala. Jika saat itu cuaca panas, bayangkan minyak pijatan itu memberikan sensasi rasa dingin yang menenangkan.
  4. Masih dengan mata tertutup, bayangkan sebuah papan tulis berwarna hitam. Lalu, bayangkan kamu mengambil kapur dengan warna kegemaran, juga sebuah penghapus. Mulailah menulis angka 100 dengan ukuran besar. Selanjutnya, tenangkan pikiran, relaks, dan lanjutkan menulis satu angka di bawahnya. Berapa lama kami melakukan tahapan ini, tergantung dari level kecemasan pada saat itu.
  5. Setelah lebih relaks dan nyaman, kamu akan melihat pintu berwarna putih yang elegan. Pintu itu muncul di depan mata, jadi bergeraklah maju dan buka pintu itu. Di balik pintu, kamu akan menemukan pemandangan yang indah, tempat yang disukai. Boleh jadi itu adalah pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut dan desiran ombak. Atau, taman yang dipenuhi tumbuhan hijau yang menyejukkan. Izinkan dirimu memasuki tempat itu, merasakan ketenangan dan kenyamanannya. Gunakan alam bawah sadar kamu untuk memandu menikmati keindahan alam. Gunakan sensor dan stimulant visual dari tubuh. Rasakan hangatnya sinar matahari atau aroma segar bunga dan tanaman di taman.

Dengan tahapan-tahapan ini, anak remaja Bunda bisa menciptakan ruang di dalam diri dan menjauhkan dari segala bentuk kegelisahan. Kalau panik, tegang, cemas, gelisah, datang kembali, coba ciptakan ruang ketenangan ini.

Jika Bunda ikut membantu, maka si remaja mampu menjauhkan diri dari segela bentuk kegelisahan. Jadi, kapanpun merasa panik, tegang, cemas, gelisah, maka ruang ketenangan itu bisa diciptakan. Dan itu semua mampu mengambil alih kekuatan dari dalam diri. Letaknya ada pada kekuatan pikiran.

Selamat mencoba!




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting