Dok. UNICEF
Dok. UNICEF
KOMENTAR

UNICEF meminta otoritas de facto di Afghanistan untuk segera mengizinkan anak perempuan kembali ke sekolah menengah.

Berikut ini adalah pernyataan Direktur Eksekutif UNICEF Catherine Russell pada awal tahun ajaran baru di Afghanistan, seperti dilansir laman resmi UNICEF (21/3/2023).

Sangat mengecewakan mengetahui bahwa, sekali lagi, otoritas de facto di Afghanistan telah melarang anak perempuan untuk bersekolah di sekolah menengah. Keputusan yang tidak dapat dibenarkan dan picik ini telah menghancurkan harapan dan impian lebih dari satu juta anak perempuan, dan menandai tonggak sejarah suram lainnya dalam erosi terus-menerus hak anak perempuan dan perempuan secara nasional.

Anak perempuan di seluruh Afghanistan telah ditolak haknya untuk belajar selama lebih dari tiga tahun – pertama, karena COVID-19, dan kemudian karena larangan menghadiri sekolah menengah. Dampak kumulatif dari ketidakhadiran ini berdampak buruk pada kesehatan mental anak perempuan, kesejahteraan secara keseluruhan, dan masa depan mereka.

Perempuan dan remaja, termasuk penyandang disabilitas, berhak atas pendidikan. Mencegah anak perempuan untuk belajar juga akan memiliki konsekuensi yang luas bagi sistem ekonomi dan kesehatan negara.

Ada suara anak perempuan di seluruh Afghanistan yang mendesak kami untuk menemukan solusi praktis untuk pendidikan mereka. Maryam, siswa kelas enam, mengatakan kepada rekan-rekan UNICEF saya di Afghanistan, 'Pergi ke sekolah adalah cahaya kehidupan. Jika kami tidak bersekolah, hidup kami akan gelap.’

UNICEF mendukung setiap gadis dan perempuan di Afghanistan dan meminta otoritas de facto untuk mengizinkan semua gadis kembali ke sekolah dengan segera. Anak perempuan harus diizinkan untuk melanjutkan pendidikan mereka, melindungi kesehatan mental mereka, dan berkontribusi untuk masa depan negara mereka.




Raih 124 Penghargaan dari Dalam dan Luar Negeri, dr. Ayu Widyaningrum Siap Cetak Rekor MURI Bidang Estetika dan Dermatologi

Sebelumnya

Nancy Adistyasari Raih Penghargaan "Most Outstanding Women 2024" di Bidang Perbankan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women