KOMENTAR

NAMA Miskha Banuri (22) dikenal sebagai salah satu pendiri Utah Youth Environmental Solutions (UYES). UYES memberdayakan kaum muda untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah dalam memerangi krisis iklim.

Pada tahun 2018, Miskha memimpin perjuangan diterimanya resolusi dari badan legislatif Utah  tentang  ancaman eksistensial dari perubahan iklim. Dan di tahun 2019, Miskha menyampaikan pidato utama tentang kiprah pemuda dalam memerangi krisis iklim dalam Konferensi Bioneers.

Miskha adalah seorang Muslim Pakistan Amerika. Ia mengutip hikmah dari Al-Qur’an bahwa “ketika manusia mencemari bumi, maka pada dasarnya manusia mencemari diri mereka sendiri.”

Ia mencoba menjelaskan bahwa umat Muslim sangat peduli pada kelestarian lingkungan dan Islam telah mengecam perbuatan tangan manusia yang merusak alam.

Sebagai imigran Pakistan generasi pertama, Mishka Banuri pindah ke Utah ketika dia berusia 12 tahun dan jatuh cinta dengan pegunungan yang menakjubkan, pohon aspen, dan bebatuan merah di negara bagian itu.

Tetapi dia juga melihat banyak dari keindahan alam itu dirusak oleh keserakahan industri ekstraktif. Hal ini menyadarkannya pada sistem global eksploitasi sumber daya yang merusak ekosistem dan komunitas miskin di seluruh dunia. Itulah yang membuatnya menjadi aktivis keadilan iklim yang luar biasa bersemangat dan efektif di Utah.

Mishka adalah organisator muda dari Salt Lake City, Utah. Dia telah aktif secara politik sejak kelas 7, meminta pertanggungjawaban organisasi, institusi, dan politisi di seluruh negara bagian atas tindakan mereka terhadap masalah iklim dan sosial.

“Saya berutang tentang kepedulian saya terhadap alam kepada nenek saya. Dia seorang ahli botani, dan saat saya tumbuh dewasa, saya ingat pernah berjalan-jalan dengannya, dan dia mengajari saya tentang berbagai tanaman di sekitar saya, juga kualitas obat dari tanaman di Pakistan yang masih saya gunakan sampai sekarang untuk menyehatkan tubuh saya,” ujar Miskha.

Selain UYES, Miskha juga bekerja dengan Uplift, yang merupakan organisasi keadilan iklim yang dipimpin kaum muda yang berbasis di Colorado Plateau dan Greater Southwest.

Utah dan Southwest telah lama menjadi zona pengorbanan. Daerah ini penuh dengan ekstraksi bahan bakar fosil. Salt Lake City terkadang memiliki udara terburuk di Amerika Serikat, dan Utah telah melihat pejabat publiknya mencoba dan mendorong tambang pasir tar – yang akan menjadi yang pertama di Amerika Serikat.

 Limbah nuklir dan ekstraksi menghancurkan masyarakat garis depan, khususnya masyarakat adat yang air dan kesehatannya dipengaruhi oleh ekstraksi, pemurnian, dan transportasi uranium.

“Yang saya lakukan adalah membantu memobilisasi kaum muda di Utah seputar masalah keadilan iklim karena dampaknya sangat nyata bagi komunitas di seluruh Utah. Salah satu motivator utama untuk pekerjaan saya adalah keyakinan saya adalah Islam. Saya tumbuh sebagai seorang Muslim di Amerika Serikat pasca 9/11, dan saya berjuang tumbuh di negara yang setia pada industri Islamofobia,” ungkap Miskha dalam pidatonya di Bioneers.

Tanpa takut, Miskha bahkan menyebutkan bagaimana perjuangan umat Muslim untuk bisa hidup dan bekerja setelah kejadian 9/11.

“Saya berjuang dengan Islamofobia yang terinternalisasi sampai saya menyadari bahwa jika ada yang mengancam supremasi kulit putih, terhadap patriarki di semua sistem yang menjadi dasar suara kita, kita semua dicap sebagai teroris daripada orang yang meneror masyarakat kita setiap hari.”

“Yang jelas, 9/11 bukanlah awal dari Islamofobia atau rasisme anti-Muslim di negara ini, tetapi menandai pergeseran signifikan yang terus membenarkan perlakuan terhadap umat Islam di seluruh dunia. Itu juga merupakan motivator besar untuk perang melawan teror. Dan itu bukan satu-satunya. Motivator besar lainnya untuk perang melawan teror adalah minyak dan sumber daya yang diyakini Amerika Serikat dapat diambil untuk keuntungannya sendiri. Dan saya secara khusus berbicara tentang Perang Irak,” tegas Miskha.

Amerika Serikat menurut Miskha, mencuri tanah, sumber daya, dan kehidupan penduduk asli dan orang kulit hitam di negara mereka sendiri. Jadi sementara privatisasi dan ekstraksi atas tanah adat berlangsung di dalam negeri, privatisasi, militerisasi, ekstraksi, dan pencurian dari etnis minoritas, Muslim, dan Dunia Selatan juga terus berjalan. Dan semua itu disebut Miskha merujuk pada keserakahan yang sama.

“Saat saya memikirkan tentang proyek mengerikan yang terjadi di halaman belakang komunitas garis depan di Utah dan Southwest, saya juga memikirkan tentang apa yang terjadi di luar negeri, karena sistemnya sama. Nabi, semoga damai menyertainya, pernah berkata: Muslim seperti tubuh seseorang. Jika mata terganggu, maka seluruh tubuh terpengaruh. Jika kepala menderita, maka tubuh menderita. Kita semua terhubung, dan sistem yang sama ini memengaruhi begitu banyak komunitas yang berbeda.”

“Bagi saya, kesadaran ini luar biasa dan menakutkan, jadi saya kembali memikirkan pohon aspen di rumah saya. Seperti akar aspen, saya menyadari bahwa saya terhubung dengan semua orang di sini dan di seluruh dunia. Sebagai seorang Muslim, sangat penting bagi saya untuk membela saudara-saudara Muslim saya yang menghadapi ancaman mata pencaharian mereka di seluruh dunia, dan saudara-saudara saya yang menghadapi supremasi kulit putih dan kehancuran ekologis,” tegas Miskha.




Yousra, Aktris Sekaligus Aktivis kemanusiaan Peraih Penghargaan Golden Tanit di Beirut International Women Film Festival 2024

Sebelumnya

Sekilas tentang Muslim Women Australia: Merajut Asa, Merangkul Keberagaman

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women