Mewujudkan
Mewujudkan "women supporting women" lewat edukasi finansial/ Foto: Novikka Supriyatno
KOMENTAR

SOSOKNYA cerdas dan tak pelit berbagi ilmu. Hal itu merupakan refleksi atas apa yang terjadi pada dirinya sepanjang meniti karier.

"Saya beruntung bertemu atasan yang kemudian mentor, bahkan tak ragu mengajak saya sebagai partner," ungkap Risa Kusumaningrum, CFP, CMA, CIBA, MBA, seorang konsultan keuangan yang telah malang-melintang di dunia profesional selama 20 tahun.

Tak hanya akuntansi, Risa juga memiliki pengalaman di bidang sales & marketing hingga manajemen bisnis perusahaan di sejumlah perusahaan besar seperti Wacoal, Traveloka, Ninja Van, Carsome, POPS, hingga Carro. Ia juga pernah bekerja di perusahaan media Fox News International.

"Pertama kali bekerja, saya masuk perusahaan garmen. Saya bersyukur mendapatkan bos yang juga menjadi mentor. Saya menjalankan kepercayaan yang diberikan. Saya juga tidak sungkan bertanya, apa lagi yang bisa saya kerjakan. Saya bahkan mendapat pekerjaan yang bersifat confidential, saya tahu margin perusahaan, bahkan saya juga diberi kesempatan untuk bernegosiasi dengan manajer produksi," kenang Risa tentang empat tahun pertamanya bekerja.

Beranjak dari perusahaan garmen, Risa mendapat kesempatan bekerja di perusahaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Masuk sebagai senior accountant, Risa kemudian mendapat kesempatan mengurus audit internasional untuk perusahaan yang terdaftar di lantai bursa.

Sejak itu, pengalamannya terus bertambah dengan bekerja di sejumlah perusahaan besar. Senior GM Operations di sebuah startup unicorn menjadi posisi tertinggi yang pernah dijabatnya.

"Saya tidak pernah mengatakan saya pintar, tapi saya adalah orang yang rajin dan saya bisa melakukan pekerjaan saya," ungkap Risa tentang pencapaian kariernya.

Dengan berbagai pengalaman yang dimiliki, mulai dari bidang finansial perusahaan, operasional, juga sales,  Risa memberanikan diri untuk membuka financial consulting sendiri.

Menurutnya, seorang konsultan harus memahami apa yang ada dalam sebuah perusahaan. Pengalaman pribadi membantu Risa untuk menganalisis dan mencari strategi untuk menghasilkan solusi terbaik bagi para kliennya.

Adakah kelebihan menjadi seorang konsultan keuangan perempuan?

Menurut Risa, menjadi perempuan adalah sebuah anugerah dan kelebihan dalam menjalankan pekerjaan sebagai konsultan keuangan. Ia merepresentasikan dari sudut pandang sebagai perempuan yang merupakan pengambil keputusan untuk urusan keuangan, baik di perusahaan maupun rumah tangga.

Profesi sebagai konsultan keuangan juga menjadi sebuah cara bagi Risa untuk mewujudkan women supporting women dalam artian positif. Perempuan menurutnya, harus mampu menjadi berdaya bagi keluarga dan masyarakat. "Saya membantu teman-teman perempuan, mendewasakan mereka dari sisi finansial," pungkasnya.




KOMENTAR ANDA

Baca Juga