KOMENTAR

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menyatakan bahwa hubungan seluruh komponen zakat harus harmonis demi optimalisasi zakat.

“Seluruh komponen ekosistem zakat peru diorkestrasi, diharmonisasikan, dan dikuatkan perannya agar kian selaras dan mendukung optimalisasi pengelolaan zakat,” jelas Wapres dalam acara Badan Amil Zaat Nasional Award 2023, Selasa (21/3/2023).

Menurut Wapres, zakat harus memiliki ekosistem yang baik untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal. Dengan demikian, zakat dapat dikelola secara tepat guna dan potensi zakat dapat tergali optimal.

Ia berharap, penghimpunan juga kebermanfaatan zakat dapat terus meningkat dan berdampak untuk lebih banyak umat.

Tiga komponen utama ekosistem zakat dijelaskan Wapres Ma’ruf Amin adalah muzakki alias orang yang menunaikan zakat, amil zakat alias pengelola dan penyalur zakat, serta mustahiq alias orang-orang yang berhak menerima zakat.

Untuk itulah perlu sinergi profesional mulai dari perencanaan, penghimpunan, penyaluran, hingga akuntabilitas zakat dalam pelaporan yang valid dan amanah.

Wapres menekankan perlunya perbaikan regulasi, tata kelola, juga riset dan literasi zakat di tengah masyarakat, termasuk pemanfaatan data dan digitalisasi, juga penguatan jejaring dan asosiasi.

Baznas, menurut Wapres, harus berperan aktif untuk penguatan ekosistem zakat nasional.




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News