Ilustrasi sidang isbat Idul Adha tahun 2022
Ilustrasi sidang isbat Idul Adha tahun 2022
KOMENTAR

PEMERINTAH melalui Kementerian Agama RI akan menetapkan tanggal awal Ramadhan 1444 H pada Rabu, 22 Maret 2023.

“Seperti biasa, sidang isbat awal Ramadhan akan kita laksanakan setiap tanggal 29 Sya’ban. Tahun ini bertepatan dengan Rabu, 22 Maret 2023,” demikian pernyataan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI, Adib, dikutip dari siaran pers (20/3/2023).

Sidang isbat tahun ini masih akan digelar secara hybrid (luring dan daring), didukung perhitungan hisab dan merujuk pada 123 titik rukyatul hilal yang telah ditetapkan Kemenag di seluruh penjuru Tanah Air.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain melibatkan tim hisab rukyat Kementerian Agama, pemerintah juga mengundang Komisi VIII DPR RI< pimpinan MUI (Majelis Ulama Indonesia), perwakilan ormas-ormas Islam, para duta besar negara sahabat, dan pihak lainnya.

Sidang isbat akan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu 1) seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1444 H berdasaran hasil hisab atau perhitungan astronomi, 2) pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1444 H, dan 3) konferensi pers pengumuman penetapan awal Ramadhan oleh Menteri Agama RI.

Dijelaskan Adib, tahapan pertama yaitu seminar terbuka untuk umum secara hybrid dikarenakan keterbatasan ruangan yang digunakan. Adapun tahapan kedua akan dilaksanakan secara luring dan tertutup bagi umum setelah salat Magrib.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News