SHERP ATV ramaikan ajang IIMS 2023/Net
SHERP ATV ramaikan ajang IIMS 2023/Net
KOMENTAR

ADA yang seru di ajang pameran otomotif bergengsi IIMS 2023. Kehadiran SHERP, kendaraan Utility Task Vehicle (UTV) dengan bobot raksasa sekitar 2,4 ton, menarik perhatian Sebagian besar pengunjung.

Apalagi, panitia IIMS mempersilahkan pengunjung untuk merasakan keseruan menjadi penumpang SHERP melalui test drive, berjalan mengitari arena pagelaran musik IIMS Infinitelife.

“Mobil ini masuk ke Indonesia pada 2021. CEO kendaraan ini adalah Bapak Firzi Mahmud. Di Indonesia saat ini hanya ada 2 mobil, yang pertama bertipe rescue dan yang satunya bertipe penumpang. Perbedaannya ada di aksesoris. Pada prinsipnya, kedua mobil ini digunakan untuk penanggulangan bencana,” kata Direktur Operasional Sherp Indonesia Guntur Simamora kepada Farah.id, Selasa (21/2).

SHERP Rescue memiliki tiga buah kursi penumpang dan tempat duduk tim medis, serta dilengkapi dengan tandu dan jaring-jaring pada sisi atas kendaraan, untuk menyimpan beragam peralatan medis. Kendaraan ini dilengkapi kapak dan alat pemadam kebakaran (APAR), yang dapat digunakan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan.

Sedangkan mobil yang bertipe penumpang, memiliki 6 buah kursi dengan posisi saling berhadapan dan dilengkapi dengan Air Conditioner (AC). Selain dapat mengangkut penumpang, kendaraan besutan Ukraina tersebut juga dapat mengangkut beban seberat 1,2 ton dan menarik beban dengan bobot 2,3 ton.

Dengan kemudi berupa tuas dan gear shifter berkecepatan 6 speed, kendaraan ini memiliki ban amphibi dan rangka galvanis untuk digunakan sebagai mobil penyelamat saat terjadi hal-hal darurat, seperti banjir atau salju yang longsor.

Tinggi kendaraan sekitar 2,5 hingga 2,7 meter dan ban setinggi 70 inci atau sekitar 1,7 meter, kendaraan ini mampu melewati beragam kondisi jalan, seperti medan terjal,  berpasir, berlumpur, bersalju bahkan di air.

SHERP juga dilengkapi dengan pompa internal yang dapat menggembungkan dan mengempeskan ban secara otomatis. Velg kendaraan bermesin diesel ini dapat digunakan untuk menyimpan cadangan solar yang dapat digunakan saat dalam perjalanan.

“Kalau tidak digunakan, disarankan untuk mengempeskan bannya untuk menjaga fungsi ban agar lebih awet dan tahan lama,” ujar Guntur.

Untuk harga, SHERP tipe penumpang berada di angka Rp8,7 miliar, sedangkan yang tipe Rescue berkisar Rp9,7 miliar, termasuk pajak. Dan pada IIMS 2023, kedua kendaraan ini dijual dengan harga Rp5,8 miliar.




Tiara Andini Bicara Pentingnya Merawat Diri dan Memiliki Support System untuk Bangkit dari Momen Terpuruk

Sebelumnya

Mahasiswa LSPR Gelar “Pesta Edas”, Tampilkan Ragam Kebudayaan dan Kesenian Khas Kampung Seni Edas Bogor

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E