Beberapa kendaraan roda empat yang dipamerkan di event IIMS 2023. JIExpo Jakarta, 16-26 Februari 2023/Net
Beberapa kendaraan roda empat yang dipamerkan di event IIMS 2023. JIExpo Jakarta, 16-26 Februari 2023/Net
KOMENTAR

INDONESIA International Motor Show (IIMS) berhasil merebut atensi penggemar otomotif dari Jakarta dan sekitarnya. Hampir semua merk mobil terkemuka yang hadir di IIMS, menampilkan model terbaru. Siapa saja yang berkunjung tentunya akan terbuai oleh kemewahan dan teknologi terbaru yang dipertontonkan. Salah satunya berbahan bakar listrik.

Menariknya lagi, ada banyak kemudahan yang ditawarkan saat event berlangsung. Misalnya, program tukar tambah yang disponsori oleh Mobbi, salah satu anak perusahaan ASTRA, yang fokus pada jual beli dan tukar tambah mobil berkualitas.

Belum lagi promo-promo besar disertai bonus, yang ditawarkan produsen sepanjang event berlangsung. Bukan hal yang mustahil jika kemudian tiap-tiap produsen mendapat laba yang besar dari penjualan kendaraan dalam jumlah yang tidak sedikit.

IIMS 2023 digelar selama 11 hari, mulai 16 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Buat kamu yang ingin berkunjung ke sana dan berniat membeli kendaraan, yuk ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Sesuaikan dengan budget

Pastikan kamu memiliki dana yang cukup untuk membeli kendaraan. Sesuaikan dengan kebutuhan diri dan status keluarga, apakah masih single atau sudah menikah, bahkan memiliki anak. Buat tujuan yang jelas, mengapa harus membutuhkan mobil atau motor (untuk yang sebelumnya sudah memiliki kendaraan.

2. Tentukan pola pembayaran

Ada yang memilih pola pembayaran cash agar tidak memiliki utang di kemudian hari. Namun, sebagian besar masih berminat untuk membayar secara kredit, karena didukung dengan kemudahan uang muka yang rendah dan cicilan yang bisa disesuaikan dengan budget. Persentase bunganya pun sangat kompetitif.

3. Beli baru atau tukar tambah?

Ingat, IIMS menyediakan layanan tukar tambah kendaraan yang didukung oleh Mobbi. Ketika ingin kendaraan ditukar tambah, maka akan ada beberapa proses yang dilalui, seperti mengecek kendaraan yang dimiliki, menyesuaikan harga mobil lama yang akan ditukar tambah dengan mobil baru.

Program tukar tambah ini sangat menarik, karena Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang terlalu besar dan bisa disesuaikan dengan kemampuan membayar.

4. Cek paket asuransi yang diberikan

Asuransi kendaraan itu sangat penting, jadi pilihlah asuransi yang meng-cover semua kejadian atau risiko (all risk) dan sesuaikan dengan dana yang ada.

5. Lakukan test drive

Test drive penting, agar Anda tahu seberapa nyaman kendaraan tersebut dan bagaimana pula dengan kondisi mesinnya. Faktor kenyamanan dalam berkendara dipengaruhi oleh beberapa hal seperti suspensi mesin, interior mobil, kecepatan mobil, dan lainnya.

6. Pilih tipe dan warna kendaraan

Poin ini juga tidak kalah penting. Calon pembeli yang datang harus memilih dengan baik dan pastikan agar tidak tergoda oleh jenis tipe lain yang tidak masuk dalam rencana pembelian. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk warna, sebaiknya pilih warna konvensional, sehingga ketika sewaktu-waktu ingin menjualnya, warna tersebut tidak akan akan berpengaruh. Cek juga layanan bengkel dan service terkait. Pilih yang tersedia di kota kota besar dan dekat dengan lokasi tempat tinggal, agar memudahkan dalam prosesnya.

7. Minta Persetujuan Pasangan

Untuk pembeli yang sudah menikah, pastikan berdiskusi dulu dengan pasangan, karena akan berdampak pada siklus pengelolaan keuangan bulanan dalam rumah tangga.

Bagaimana nih Sahabat Farah, sudah punya ide untuk beli mobil yang mana?

Risa Kusumaningrum, Praktisi Keuangan Advicea & mywealth.finplan




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family