Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan tahap tiga untuk Turkiye dan Suriah, di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Selasa (21/2)/Dok Setpres
Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan tahap tiga untuk Turkiye dan Suriah, di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Selasa (21/2)/Dok Setpres
KOMENTAR

INDONESIA kembali mengirimkan bantuan tahap ketiga ke Turkiye dan Suriah. Keberangkatan bantuan kemanusiaan ini dilakukan dari Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta, Selasa (21/2) dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Bantuan sebanyak 140 ton, berupa bahan makanan, pakaian, dan bahan logistik lainnya dikirim menggunakan empat pesawat. Masing-masing dua pesawat untuk tiap negara.

Turut hadir dalam pelepasan keberangkatan: Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, serta Kabarsarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.

“Indonesia akan mengirimkan terus bantuan kemanusiaan ke Turkiye dan Suriah. Kita juga sudah mengirim Tim SAR, Tim Medis, membangun rumah sakit lapangan, serta pesawat Hercules yang dipakai untuk membantu proses evakuasi korban pada masa awal pasca terjadinya bencana di Turkiye dan Suriah. Kita harapkan apa yang dikirimkan ini dapat membantu saudara-saudara di sana,” kata Jokowi dalam keterangan pers-nya.

Gelombang pertama misi kemanusiaan Pemerintah RI telah dikirimkan oleh Kemenhan pada Sabtu (11/2) lalu, juga dari Lanud Halim Perdanakusumah. Misi tersebut dibawa dengan dua pesawat TNI AU, Boeing 737-400 dengan membawa 47 personel Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemenhan dan TNI AU juga telah mengirimkan perbantuan pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan lainnya.




Viral Siti Aisyah, Gambarkan Ironi Dunia Pendidikan

Sebelumnya

Menteri Perhubungan Layangkan Teguran Keras untuk Garuda Indonesia Terkait Terganggunya Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News