Ilustrasi bumbu dapur
Ilustrasi bumbu dapur
KOMENTAR

BUNDA, untuk mendapatkan makanan yang bercita rasa lezat, tentu dibutuhkan aneka bumbu dapur yang aromanya mampu menggugah selera. Tapi Bunda tahu tidak, ada beberapa bumbu dapur yang tidak boleh digunakan, khususnya oleh para Muslim, karena bisa membuat makanan menjadi tidak halal dikonsumsi.

Bumbu-bumbu tersebut tidak boleh digunakan, karena mengandung alkohol, minyak babi, gelatin, hingga daging babi. Untuk masyarakat non Muslim, bumbu-bumbu tersebut biasa dipakai sebagai penyedap masakan.

Lalu, bumbu dapur apa saja yang diharamkan bagi umat Muslim?

1. Angciu

Angciu adalah nama lain dari arak masak atau arak China. Angciu merupakan hasil fermentasi beras merah. Seringkali digunakan pada restoran China untuk memasak seafood dan ayam.

Angciu berbentuk cairan dengan warna kemerahan dan memiliki rasa yang manis. Penggunaan angciu dapat membuat masakan lebih lezat dan beraroma. Sayangnya, banyak yang belum tahu bahwa angciu haram dikonsumsi umat Muslim.

Jika Bunda menginginkan aroma masakan seperti pada penggunaan angciu, bisa memakai alternatif menggunakan kecap asin yang dicampur dengan air jeruk limau atau jeruk nipis dan air jahe.

2. Saus Charsiu

Saus ini juga berasal dari China dan umumnya dibuat dari daging Babi. Itulah mengapa saus ini berwarna merah dan memiliki cita rasa manis dan asin (gurih). Di Indonesia, saus charsiu memang umumnya menggunakan bahan dasar daging ayam. Itulah mengapa bumbu ini sangat populer dan banyak disukai. Tapi, Bunda harus hati-hati menggunakannya. Pastikan charsiu yang Bunda pilih memiliki logo halal dari MUI, ya!

3. Arak Putih

Penggunaan arak putih di China biasanya ditambahkan ke dalam sup, tumisan, atau ikan kukus. Hampir mirip dengan angciu, namun mmeiliki cita rasa yang cenderung asin dan gurih.

Mendengar namanya saja, arak putih jelas mengandung alkohol dan Islam sangat melarang umatnya mengonsumsi makanan yang berbasis alkohol.

4. Brandy

Brandy adalah minuman beralkohol yang terbuat dari hasil distilasi. Biasanya, kadar alkoholnya sekitar 35 hingga 60 persen. Brandy tidak hanya terbuat dari Anggur, tapii juga bisa dari sari buay yang difermentasi. Tapi, apapun jenis brandynya, baik apple brany maupun white brandy, bumbu ini tetap haram. Ada baiknya Bunda menggantinya dengan jus atau selai cherry, apel, dan anggur.

5. Mirin

Mirin dikenal sebagai bumbu dapur untuk masakan Jepang, salah satu yang popular adalah untuk membuat saus teriyaki. Mirin terbuat dari beras yang telah difermentasi dan tentunya mengandung alkohol. Mirim memiliki cita rasa manis yang lebih dominan. Jika Bunda ingin mendapatkan saus teriyaki dengan rasa yang mirip mirin, bisa menggantinya dengan jus anggur yang dicampur dengan air jeruk lemon.

Nah Bunda, itulah lima jenis bumbu yang diharamkan untuk dicampur dalam masakan.




Menyikapi Pizza yang Rawan Kehalalannya

Sebelumnya

Menilik Campuran Sarang Burung Walet demi Kehalalannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Halal Haram