Metodepenyembuhan Tapas Acupressure Technique (TAT)/Net
Metodepenyembuhan Tapas Acupressure Technique (TAT)/Net
KOMENTAR

PERKEMBANGAN dunia kesehatan terus berkembang, tidak hanya di dunia medis namun juga pada pengobatan holistik atau terapi kejiwaan. Salah satu terapi holistik yang berkembang adalah Tapas Acupressure Technique (TAT). 

Dikutip dari paceconnection, TAT merupakan metode penyembuhan yang sederhana dengan melakukan sentuhan pada titik akupresur dikepala dilengkapi dengan serangkaian afirmasi yang dapat menenangkan. Metode ini ditemukan oleh seorang akupunturis wanita yang bernama Tapas Fleming di California, Amerika Serikat pada tahun 1993. 

 TAT dapat digunakan untuk mengatasi trauma, “inner child” yang terluka dan beragam masalah psikologis lainnya serta penurunan berat badan. TAT juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala fisik terutama pada penyakit yang bersifat psikosomatis.

Terapi ini menggabungkan beberapa titik akupresur dan efeknya dapat langsung dirasakan diantaranya adalah perubahan sifat, perilaku dan kesehatan pada tingkat sel.
Teknik pengobatan ini berfungsi untuk membantu melepaskan energi negatif  yang diduga disebabkan karena trauma yang pernah dialami oleh seseorang. TAT berfokus pada pemberian tekanan ringan atau stimulan untuk membantu mengurangi stress, meningkatkan relaksasi dan menjernihkan pikiran. 

Karena tidak memerlukan peralatan khusus, TAT dianggap sebagai metode yang mudah dan alami untuk mencapai ketenangan, kebahagiaan dan perbaikan kesehatan secara fisik serta mental. 

TAT dapat dilakukan secara mandiri dan dipandu oleh praktisi profesional. Namun untuk menerapkan TAT secara mandiri perlu melakukan kursus bersama dengan pelatih yang bersertifikat.

Salah satu praktisi TAT yang terkenal di Indonesia adalah almarhum Reza Gunawan, suami penulis Dee Lestari. Semasa hidupnya Reza bergabung TAT sejak tahun 2005 dan bersertifikasi internasional.

Dalam tayangan Youtubenya Reza menyampaikan bahwa terapi ini dapat dilakukan dengan tiga langkah mudah.

1# Kita memilih beban masalah yang akan dilepaskan.
2# Kita menyentuh tiga titik akupresur pada wajah.
3# Kita memperhatikan serangkaian kalimat dalam prosedur TAT.

Keseluruhan prosedur TAT tersebut dapat dilakukan hanya dalam waktu 20 menit saja. 

Alm. Reza mengatakan dalam TAT kita tidak perlu mengingat memori yang menyakitkan dan mengingat akar permasalahan yang membuat rasa trauma di diri kita. Ia menambahkan bahwa biasanya setelah seseorang melakukan proses TAT secara alami orang tersebut akan merasakan hatinya menjadi ringan, pikirannya lebih jernih dan tubuhnya lebih sehat. 




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health