KOMENTAR

OTAK merupakan bagian yang vital bagi makhluk hidup khususnya manusia. Otak merupakan pusat pengendali pikiran, gerakan, dan sensasi. Otak juga berfungsi sebagai penyimpan memori dan konsep dalam jumlah yang sangat banyak.

Untuk menjaga kesehatan otak, kita memerlukan makanan yang bergizi agar otak tetap ternutrisi dengan baik.

Ada beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan otak.

1# Gandum (Oat)

Makanan pertama yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah gandum. Gandum memiliki karbohidrat kompleks yang dapat melepaskan energi secara perlahan. Proses ini dapat membantu otak agar dapat tetap stabil.

Selain itu gandum mengandung vitamin B yang dapat membantu mengurangi peradangan otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Vitamin B juga berfungsi mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia.

2# Alpukat

Alpukat dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan kadar lutein, yang merupakan senyawa karotenoid dalam buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan. Selain itu alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk otak.

3# Ikan berlemak

Makanan lain yang sangat baik untuk kesehatan otak adalah ikan berlemak seperti salmon dan ikan patin. Omega-3 bermanfaat untuk membangun sel-sel otak dan saaraf sehingga dapat meningkatkan kinerja otak dan memori.




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health