Jangan sampai perjalanan liburan terganggu/ KLM
Jangan sampai perjalanan liburan terganggu/ KLM
KOMENTAR

SAAT berpergian naik pesawat, pada ketinggian tertentu, seringkali telinga kita berdengung, terkadang disertai rasa sakit dan menurunnya kemampuan mendengar.

Telinga berdengung (tinnitus) saat naik pesawat disebabkan karena tersumbatnya saluran tuba, yaitu saluran yang menghubungkan saluran di bagian telinga tengah hingga belakang hidung, akibat adanya perbedaan tekanan udara di dalam telinga dengan di dalam kabin pesawat.

Udara yang terjebak di dalam telinga tersebut sebagian berusaha keluar telinga sehingga menimbulkan suara berdengung dan sebagian lagi memberikan tekanan ke dalam telinga sehingga terasa sakit.

 Jika kita mengalami hal demikian, tak perlu panik. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengurangi telinga berdengung, antara lain :

1# Memencet hidung

Cara pertama untuk mengatasi telinga berdengung adalah dengan memencet hidung. Tidak hanya sekedar menutup hidung, kita juga harus menghembuskan napas dalam ketika mulut dan hidung dalam keadaan tertutup.

2# Makan Permen

Cara berikutnya untuk mengatasi telinga berdengung adalah dengan mengunyah permen. Gerakan tersebut dapat membantu membuka saluran tuba sehingga mengurangi telinga berdengung.
Namun cara ini kurang efektif bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit sinus atau telinga sensitif.

3# Minum

Saat berpergian kita disarankan untuk banyak minum terutama air putih, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu gerakan menelan air saat minum dapat membantu membuka sumbatan di saluran tuba yang menyebabkan telinga berdengung.

4# Menguap atau membuka mulut

Saat telinga berdengung, sering-seringlah membuka mulut lebar-lebar untuk membantu membuka sumbatan di saluran tuba agar udara dapat mengalir keluar.

5# Menelan ludah

Cara lain untuk mengatasi telinga berdengung adalah dengan menelan ludah. Mekanisme kerja menelan ludah sama dengan mengunyah permen ataupun minum. Menelan ludah juga dapat membantu membuka saluran tuba yang tersumbat.

6# Menghangatkan telinga

Saat telinga berdengung, kita dapat menghangatkan telinga dengan cara menggosok-gosok kedua tangan lalu menempelkannya ke telinga. Atau bisa juga dilakukan dengan menutup telinga dengan penutup telinga khusus untuk berpergian, biasanya dibuat dari bahan woll, sehingga telinga tetap hangat dan mencegah saluran tuba tersumbat.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family