Baju Bodo dengan sentuhan modern/ @sophia_latjuba88
Baju Bodo dengan sentuhan modern/ @sophia_latjuba88
KOMENTAR

BAJU Bodo merupakan pakaian adat Sulawesi Selatan. Umumnya pakaian ini dikenakan oleh perempuan yang berasal dari Bugis, Makassar, atau Mandar.

Pakaian ini berbentuk atasan atau blus yang berpotongan longgar, berongga besar pada bagian lengan, dan menggelembung di bagian punggung.

Pada zaman dahulu, Baju Bodo digunakan tanpa menggunakan dalaman. Namun seiring waktu, para penggunanya menggunakan baju dalaman, hingga penampilan mereka menjadi lebih anggun dan santun.

Untuk aksesoris, pakaian ini dikombinasikan dengan sarung dan ikat pinggang serta perhiasan seperti kalung, gelang, juga mahkota yang terbuat dari bahan perak dan tembaga.

Di masa silam, warna yang digunakan pada Baju Bodo memiliki arti tersendiri.Warna jingga misalnya, digunakan oleh anak perempuan berusia 10 tahun dan warna hijau hanya dikenakan oleh putri bangsawan atau kerabat kerajaan. Berbeda dengan saat ini, penggunaan warna untuk baju bodo lebih bebas.

Salah satu figur publik yang terlihat memukau saat mengenakan Baju Bodo adalah Sophia Latjuba. Ia mengenakan Baju Bodo bernuansa abu-abu dengan sentuhan modern karya Vera Anggraini pada momen pernikahan sang putri, Eva Celia Lesmana, Juni tahun lalu.

Ingin tampil memukau seperti perempuan berdarah Bugis (Bone) tersebut? Berikut ini 5 jenis kain yang cocok dijadikan Baju Bodo.

1# Muslin

Kain ini merupakan kain katun dengan tenunan polos dan bertekstur halus. Umumnya digunakan untuk membuat pakaian bayi.

2# Organza

Organza merupakan kain ringan yang dibuat mirip dengan jaring-jaring tenunan dengan tampilan transparan. Pada zaman dahulu, kain ini dibuat dengan menggunakan kain sutra. Tapi saat ini kain organza banyak dibuat dengan menggunakan serat nilon, rayon, atau poliester.

3# Chiffon

Kain ini merupakan jenis bahan yang bertekstur halus dan tipis. Umumnya kain ini terbuat dari nilon, sutra, rayon, atau poliester.

Kain ini bersifat tipis, menerawang dan licin sehingga membutuhkan puring sebagai lapisan dalam.

4# Crepe

Dikenal sebagai kain yang bersifat lentur dan bertekstur sedikit berpasir, kasar, dan berkerut pada permukaannya.

5# Satin

Kain ini merupakan versi sutra yang dibuat dari bahan sintetis atau serat buatan. Satin memiliki banyak varian, di antaranya adalah satin sutra Hermes, satin bridal Jepang, satin silk, juga satin velvet.

Kain ini bersifat licin dan mengkilap di bagian luar yang memberikan kesan mewah dan elegan serta ditenun dengan teknik serat filamen sehingga teksturnya sangat halus dan rapat.




Lengkapi Busana Kerjamu dengan Koleksi Syakeph Official x Anggiasari Mawardi

Sebelumnya

Hijab Pashmina untuk Gaya Simpel nan Anggun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga