FDA menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang memakai nitrogen cair sebagai pelengkap/Net
FDA menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang memakai nitrogen cair sebagai pelengkap/Net
KOMENTAR

MENURUT ahli makanan, nitrogen cair bisa menjadi aman dikonsumsi jika menggunakan teknik yang benar. Sayangnya, saat ini tidak ada batasan bagi perusahaan perhotelan yang menyajikan nitrogen cair dengan produk mereka.

Jadi, jika Bunda ataupun Si Kecil memilih untuk mengonsumsi makanan yang memiliki campuran nitrogen cair, seperti ice smoke atau ciki ngebul, berhati-hatilah. Ada baiknya untuk menunggu sampai ‘efek asap’ menghilang.

Kemudian, jangan menyentuh area wadah jajanan dan gunakan alat untuk mengambil jajanan. Biarkan nitrogen menguap dan makan dengan perlahan. Jika tidak, lebih baik untuk bersikap bijak dengan menghindari mengonsumsi makanan trendi seperti itu.

Washington Post menulis, dalam makanan ataupun minuman, nitrogen cair harus diuapkan sepenuhnya sebelum dapat dikonsumsi dengan aman. Jika tidak, akan berisiko membuat mulu, kerongkongan dan saluran napas terbakar parah, serta melubangi organ secara fatal.

Tidak disarankan untuk dikonsumsi

Sebenarnya, es ciki ngebul bukan hal baru. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) tercatat telah mengimbau untuk tidak mengonsumsinya pada 2018 lalu.

Memang benar bahwa nitrogen cair adalah senyawa kimia yang tidak mengandung racun atau tidak berbahaya atau tidak mudah terbakar. Tetapi, zai ini dapat memicu terjadinya kerusakan pada kulit, bahkan hingga kerusakan organ dalam yang buruk apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Namun, saat zat ini berada pada suhu yang begitu dingin, kotak langsung dengan organ manusia sangat dilarang. Alasannya, zat ini bisa menyebabkan terjadinya cold burn atau terbakar karena paparan suhu yang sangat dingin.

Hati-hati, suhu dingin yang ekstrem tersebut tidak mampu ditoleransi oleh kulit manusia, meski tidak menjadi gas yang mudah terbakar.

Bisa jadi, kondisi yang dialami oleh beberapa anak di Tasikmalaya, Jawa Barat, adalah cold burn. Sehingga, ada baiknya mulai sekarang hindari mengonsumsi jajanan ice smoke, ya! Lebih baik, diganti dengan camilan yang menyehatkan.




Puasa Tetap Aman Bagi Pengidap Diabetes Melitus

Sebelumnya

Cegah TBC pada Anak dengan Vaksin BCG, Jangan Lupa Kenali Efek Sampingnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health