KOMENTAR

BERTAMBAHnya usia dan kesibukan sering kali membuat kita merasa jauh dengan keluarga dan kerabat, terutama orangtua.

Ada yang memang dipisahkan oleh jarak yang jauh seperti tinggal di kota atau bahkan negara yang berbeda. Ada pula yang berada dalam satu kota tapi jarak bertatap muka akibat kesibukan yang menyita waktu.

Tak jarang, kondisi tersebut membuat kita (sebagai anak) mempertanyakan apakah kita sudah mampu membahagiakan orangtua?

Belum terlambat untuk kita membahagiakan orangtua, sekalipun di usia yang bertambah dewasa, setidaknya ada 4 hal yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan orangtua.

1# Menjaga komunikasi

Selama ini sebagai anak seringkali kita merasa bahwa kesuksesan karier dan materi merupakan hal-hal yang dapat membuat orangtua bangga dan bahagia. Namun seiring dengan bertambahnya usia, hal-hal yang dibutuhkan oleh orangtua adalah perhatian dan kasih sayang dari anak.

Di usia senja, para orangtua biasanya merasa kesepian karena aktivitas sosial yang bisa mereka lakukan sudah tidak maksimal lagi karena keterbatasan kondisi fisik.

Karena itulah sangat penting bagi kita untuk menjaga komunikasi dengan orangtua. Sempatkanlah untuk menemui orangtua setidaknya satu kali dalam seminggu, atau melakukan panggilan video setiap hari.

Perhatian dan kehadiran kita selain dapat menghibur, juga dapat membuat mereka tetap merasa dibutuhkan. Hal tersebut akan membuat mereka tidak cepat pikun atau turun kesehatannya.

2# Akur dengan saudara

Hal berikutnya yang dapat membuat orangtua bahagia adalah dengan cara akur dan berinteraksi baik dengan saudara, baik kakak maupun adik.

Bila akur dengan saudara, kita akan mudah mendiskusikan berbagai hal yang dapat dilakukan untuk menyenangkan orangtua, misalnya bergantian menjaga ataupun patungan membeli kado saat orangtua berulang tahun.

3# Lebih mandiri

Berusahalah menjadi sosok yang mandiri, misalnya dengan mampu mengelola keuangan pribadi dengan baik. Dengan demikian orangtua akan merasa bahwa anaknya sudah dewasa dan dapat bertanggungjawab baik terhadap diri sendiri maupun keluarga.

4# Quality time sederhana

Sesekali lakukan quality time dengan orangtua, seperti berlibur keluar kota atau sekadar makan bersama keluarga di luar rumah. Tidak perlu mahal atau mewah, sesuaikan dengan anggaran yang kita miliki serta kondisi kesehatan orangtua. Hal tersebut akan dapat sejenak memecah kejenuhan dan kesepian yang mereka rasakan saat menjalani hari tua.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family