KOMENTAR

PECINTA drama Korea pasti sudah tidak asing dengan Kimchi atau sayuran acar pedas. Dikutip dari Web MD, jurnal Health Benefits of Kimchi menjelaskan bahwa umumnya makanan ini dibuat dengan mencampurkan kubis, daun bawang, dan lobak ke dalam air garam dengan bawang putih, jahe, cabai, dan kecap ikan lalu mendiamkan bahan-bahan tersebut selama beberapa hari sampai terfermentasi.

Kandungan gizi yang terdapat pada kimchi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga kecantikan.

1# Melembapkan kulit

Proses fermentasi yang dilakukan pada pembuatan kimchi menghasilkan probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Makanan ini mengandung lactobacillus dan lactic acid.

Probiotik tersebut dapat meningkatkan produksi hyaluronic acid. Senyawa ini sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit, di antaranya adalah dapat membantu melembapkan kulit, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kulit kering.

2# Mengurangi jerawat

Salah satu efek dari pencernaan yang kurang sehat adalah adanya peradangan pada kulit. Dengan mengkonsumsi kimchi, probiotik yang terkandung di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan dan membersihkan perut sehingga kulit juga dapat menjadi lebih sehat. Selain itu kandungan lactic acid yang ada di dalam kimchi memiliki fungsi anti-inflamatory yang dapat mengurangi peradangan.

3# Mengatasi dermatitis atopik

Selain mengurangi jerawat, lactic acid juga dapat mengurangi reaksi alergi. Probiotik ini tidak hanya dapat mengatasi jerawat, namun juga dapat membantu mengurangi gejala dermatitis atopik, yaitu gangguan kulit yang kering dan gatal karena terlalu kering.

4# Mencegah penuaan dini

Kimchi juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin A, vitamin C dan beta karoten serta selenium yang terkandung di dalamnya dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu senyawa tersebut dapat mempertahankan elastisitas kulit, mencegah kerutan, dan menyehatkan kulit.

5# Mencerahkan kulit

Kimchi juga dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C, B1 dan B2 dapat membantu peremajaan kulit sehingga menjadi lebih rileks dan segar.

6# Mengurangi berat badan

Kimchi mengandung enzim capsaicin yang dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.




Hari Pendidikan Nasional 2024: Semangat Ki Hajar Dewantara untuk Bergerak Bersama Mencerdaskan Bangsa

Sebelumnya

Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon