Ilustrasi siswa makan di kantin sekolah/ Dok. Cyril Jackson Primary School
Ilustrasi siswa makan di kantin sekolah/ Dok. Cyril Jackson Primary School
KOMENTAR

WALI KOTA New York City (NYC) Eric Adams dan Kepala Departemen Pendidikan NYC David C. Banks mengumumkan perluasan Cafetaria Enhancement Experience (CEE) sebagai bagian dari komitmen pemerintah kota terhadap kesehatan dan nutri para siswa di sekolah, Selasa (20/12/2022).

Inisiatif CEE ini akan mengubah lebih dari 80 kantin sekolah menjadi ramah siswa untuk menikmati makanan bergizi dengan investasi senilai 50 juta USD untuk tahun ajaran ini.

Menariknya, CEE juga mempertegas komitmen pemerintah kota untuk memperluas akses pilihan makanan halal ke sekolah-sekolah di NYC.

Jika ada komunitas sekolah yang tertarik dengan menu halal, kepala sekolah akan bekerja sama dengan seluruh komunitas sekolah dan Dewan Pimpinan Islam New York untuk menambahkan layanan tersebut ke kantin sekolah.

"Opsi halal bagi semua sekolah yang menginginkannya adalah langkah kami untuk memastikan sekolah adalah tempat di mana setiap anak merasa dilihat dan didengar—terlepas dari latar belakang atau kemampuan mereka, para siswa dapat belajar di dalam dan di luar kelas (termasuk di kantin sekolah), untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang berpengetahuan luas dan aman secara emosional," ujar Wali Kota Adams.

Setiap hari, ratusan ribu siswa bergantung pada sekolah untuk menyediakan makanan bergizi seimbang. Ketika para siswa diberi makan dan dirawat dengan baik, mereka pun akan menunjukkan performa yang lebih baik di kelas. Dan diharapkan, mereka kelak dapat membuat keputusan yang 'sehat' untuk kebaikan diri dan lingkungan.

CEE memiliki 4 kriteria yaitu

-Pilihan siswa: Kafetaria yang menampilkan berbagai cara untuk mengonsumsi buah utuh, sayuran, makanan ringan, atau produk potong segar dari salad bar.

-Layanan cepat: Siswa tidak perlu mengantre untuk makan, menyisakan lebih banyak waktu untuk bersantai dan bersantai dengan teman sekelas.

-Gaya modern: Mendesain ulang kafetaria dengan penekanan pada penciptaan lingkungan yang hangat dan ramah.

-Perabotan baru: Meja dan kursi yang nyaman menyambut siswa di ruang baru mereka.

Untuk pelaksanaannya, semua disesuaikan dengan kondisi setiap sekolah.

Keputusan tersebut disambut hangat banyak pihak.

"Saya memuji Walikota Adams dan Kanselir David Bank karena mengimplementasikan CEE, termasuk memperluas akses ke pilihan halal di sekolah," kata anggota Majelis Negara Bagian New York William Colton seperti disiarkan laman www.nyc.gov.

“Banyak keluarga Muslim terpaksa menyekolahkan anak-anak dengan makan siang mereka sendiri karena anak-anak tidak dapat makan siang sekolah biasa. Hal ini akan sangat meningkatkan pembelajaran anak-anak dengan memberikan anak-anak Muslim menu halal bergizi yang dapat mereka makan.”

Diketahui lebih dari 100.000 siswa Muslim-Amerika di sekolah akan mendapat makan siang bergizi yang halal.

Tak pelak, Wali Kota New York mendapat pujian dari komunitas Muslim karena akhirnya mengabulkan permintaan advokat Muslim-Amerika yang telah diserukan selama bertahun-tahun: memastikan makanan yang disajikan di kantin sekolah mencerminkan keragaman warga NYC.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News