KOMENTAR

"WASPADA potensi cuaca ekstrem selama periode Nataru (25 Desember 2022-1 Januari 2023)," tulis laman resmi Instagram @bpbddkijakarta pada Minggu (25/12/2022).

Peringatan dini tersebut dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyikapi potensi terjadinya cuaca ekstrem di wilayah ibu kota selama masa libur Natal dan tahun baru 2023.

Siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menunjukkan hasil terkini yaitu selama periode satu pekan ke depan, ada potensi signifikan dinamika atmosfer yang berdampak pada meningkatnya curah hujan di sejumlah daerah di Tanah Air selama masa liburan Nataru.

Terkait hal itu, BMKG memprediksi pada 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, wilayah DKI Jakarta berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang bisa disertai kilat/petir juga angin kencang.

Berdasarkan prediksi tersebut, BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk waspada dan siaga mengantisipasi berbaai dampak cuaca ekstrem.

Untuk informasi banjir di wilayah ibu kota, warga bisa memantaunya melalui https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

BPBD DKI Jakarta juga mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi call center Jakarta Siaga 112 untuk keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan dalam waktu cepat.

Menghadapi cuaca ekstrem, BMKG meminta masyarakat memperhatikan beberapa hal berikut ini, di antaranya:

-Waspadai bencana hidrometeorologi. Terlebih lagi bagi warga yang berdomisili di wilayah rawan banjir dan tanah longsor. Rapikan barang-barang di rumah, pastikan rencana mitigasi bencana jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

-Menghindari beraktivitas di tempat yang rawan. Misalnya saja mengadakan kegiatan outdoor di bawah pepohonan besar atau memarkir kendaraan di bawah papan baliho besar. Termasuk juga menghindari berlindung di bawah pohon besar.

Cuaca ekstrem datang, jagalah kesehatan tubuh

Dengan prediksi cuaca ekstrem di depan mata, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga. Terlebih lagi bagi keluarga yang akan pergi berlibur ke destinasi wisata untuk menghabiskan libur akhir tahun.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau para orangtua untuk menjaga kualitas asupan makanan anak selama liburan untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh di musim hujan.

Jangan lupa untuk selalu melaksanakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) dan taat protokol kesehatan.




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News