Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

LIBURAN seharusnya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tapi terkadang, ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti anak yang tiba-tiba sakit. Bisa jadi karena perjalanan panjang yang harus dilalui atau makanan yang dikonsumsi tidak higienis.

Yang paling sering adalah masuk angin. Si kecil bisa tiba-tiba mengalami demam atau muntah-muntah. Jika demikian, orangtua tentunya menjadi panik dan bingung mau berbuat apa.

Berikut ini, hal yang sebaiknya Bunda lakukan ketika anak tiba-tiba saja sakit di tengah liburan keluarga,

Siapkan kotak obat atau P3K

Baiknya, persiapan ini dilakukan sebelum Bunda dan keluarga pergi berlibur, ya. Kotak obat menjadi perlengkapan paling penting ketika Bunda mengajak si kecil bepergian jauh. Usahakan membawa obat yang mudah dikonsumsi, misalnya pol atau tablet isap. Jadi ketika anak membutuhkan, bisa langsung diberikan. Lengkapi pula kotak P3K dengan obat-obatan yang biasa dikonsumsi anak, obat batuk dan flu, thermometer, dan vitamin.

Teleconference dengan dokter anak

Saat ini, banyak aplikasi layanan teleconference dengan dokter. Bunda bisa memanfaatkannya untuk berkonsultasi saat anak tiba-tiba sakit.

Kunjungi dokter setempat

Selidiki pertolongan medis yang ada di lokasi. Ini penting jika sewaktu-waktu Bunda memerlukan pertolongan, apalagi ketika kondisi anak memburuk. Bawa anak ke dokter setempat, sebab dokter lokal biasanya tahu persis tentang makanan yang perlu dihindari si kecil.

Informasikan kondisi anak pada staf penginapan

Penting bagi Bunda untuk menginformasikan kondisi terkini anak pada staf penginapan. Dengan begitu, mereka akan membantu Bunda memberikan informasi tentang fasilitas kesehatan terdekat atau bahkan menghubungi dokter hotel.

Biasanya, staf juga akan menyediakan fasilitas supaya si kecil lebih nyaman dan baik. Misalnya menyediakan sup hangat atau selimut, bahkan kompres dingin. Atau, Bunda bisa meminta tolong staf hotel untuk membersihkan kamar agar menjadi steril kembali.

Terakhir, Bunda bisa memberikan anak vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Hal ini bisa mempercepat penyembuhan dan melindungi anak dari penyakit lain yang mengintai.

Jadi, ada baiknya Bunda mempersiapkan kotak P3K sebagai perlengkapan berlibur. Hal ini sangat membantu ketika terjadi hal-hal di luar dugaan.




Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Sebelumnya

Pemalu atau Social Anxiety? Yuk Kenali Tanda-Tandanya, Bunda!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting