KOMENTAR

BANYAK orang belum mengetahui bahwa salah satu tanda adanya penyakit tulang belakang adalah nyeri yang terasa saat buang air kecil maupun buang air besar.

Hal itu disampaikan dr. Nicko Perdana Hardiansyah Sp.OT, dokter spesialis ortopedi RS Mayapada Kuningan, Jakarta dalam sebuah diskusi seputar penanganan nyeri tulang belakang pada Senin (12/12/2022) seperti dilaporkan ANTARA.

Berikut ini sejumlah fakta yang mesti diwaspadai terkait keluhan penyakit tulang belakang.

  1. Penyebab nyeri pada tulang belakang mayoritasnya adalah cedera otot. Untuk mengatasinya, beristirahatlah yang cukup dan hindari gerakan yang bisa menambah berat cedera tersebut—seperti membungkuk dan duduk dengan posisi badan yang salah.
  2. Penyakit tulang belakang bisa menyerang anak kecil hingga para lansia. Namun saat ini, banyak ditemukan pasien adalah mereka yang berusia 18 hingga 40 tahun.
  3. Jika saat beraktivitas tiba-tiba terjadi nyeri tulang belakang, diperbolehkan mengonsumsi paracetamol atau mengoleskan salep pereda nyeri untuk meredakan rasa sakit.
  4. Jangan sembarangan pergi ke pengobatan alternatif seperti piji dan urut. Dikhawatirkan ada tanda serius yang harus diwaspadai, yang tidak bisa dituntaskan dengan pemijatan. Risikonya adalah gejala bisa bertambah berat.
  5. Jika ada pergeseran tulang punggung atau saraf terjepit, segeralah bedrest. Tindakan fisik seperti pemijatan bisa membahayakan bahkan bisa memperburuk kondisi pasien.
  6. Jika kekuatan otot menurun, tubuh terasa lemas, dan nyeri pada tulang belakang sudah mengganggu waktu tidur, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat pengobatan intensif.

Tak hanya rasa nyeri yang terjadi pada tulang belakang, kelainan pada tulang belakang juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Melansir laman resmi Siloam Hospitals, sejumlah kelainan pada tulang belakang bisa dideteksi melalui pemeriksaan dokter mulai dari pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan sinar-X.

Perlu diingat bahwa kelainan pada tulang belakang adalah kondisi yang bisa dicegah.

Yang perlu dilakukan adalah memastikan tubuh mendapat asupan vitamin D dan kalsium yang cukup serta rajin berolahraga. Tulang yang sehat dapat membantu tubuh bergerak dengan aktif dan terasa lebih nyaman.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health