KOMENTAR

TELUR merupakan sumber protein banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Saat mengonsumsinya, pernahkah kita terpikir bagaimana memanfaatkan kulitnya?

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa cangkang telur ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk tanaman. Bagi Sahabat Farah yang hobi bercocok tanam, simak 6 manfaat cangkang telur untuk pertumbuhan tanaman berikut ini.

1. Campuran kompos

Salah satu komponen untuk membentuk cangkang telur adalah kasium.  Dikutip dari The Spruce, cangkang telur dapat membantu menambah kadar kalsium pada kompos yang dapat membantu tanaman membangun dinding sel.

Cara menggunakannya dengan mencuci cangkang telur hingga bersih, kemudian dikeringkan. Cangkang lalu dihancurkan dan dicampurkan pada kompos. 

2. Mencegah tanaman busuk

Kandungan kalsium pada cangkang telur dapat mencegah pembusukan ujung bunga dari beberapa tanaman yang ditanam di pot seperti tomat.

Kalsium yang dimiliki oleh cangkang telur dapat membantu tanaman agar lebih sehat dan tahan penyakit.

3. Penangkal hama

Cangkang telur yang dihancurkan menjadi remahan-remahan lebih kecil lalu ditebarkan ke atas tanah dapat membantu menangkal hama pada tanaman, di antaranya adalah siput. Selain itu cangkang telur juga dapat membantu menjauhkan kucing yang sering datang merusak tanaman.

4. Wadah pembibitan

Bentuk cangkang telur yang membulat atau mengantong dapat dijadikan wadah pembibitan tanaman. Kita hanya perlu memberikan tanah dan membenamkan bibit ke dalamnya. Dengan menggunakan cangkang telur sebagai tempat pembibitan akan menghemat pengeluaran untuk membeli polybag.

5. Pupuk alami

Menurut American Society of Plant Biologists, kalsium yang terdapat di dalam cangkang telur membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan cangkang telur yang sudah dijadikan bubuk ke dalam air di wadah dan didiamkan selama beberapa hari. Setelah itu air tersebut digunakan untuk menyiram tanaman.

6. Penyubur tanah

Tanah yang tingkat keasamannya tinggi membuat tanaman sulit berkembang karena kurang unsur hara yang dapat menyuburkan tanaman. Dengan menggunakan bubuk cangkang telur yang dicampurkan ke dalam tanah, dapat membantu meningkatkan PH tanah agar lebih basa. Dengan demikian, tanaman dapat ternutrisi dengan baik.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family