KOMENTAR

SAAT bersosialisasi di masyarakat, kita sering menjumpai seseorang yang bersikap pemalu. Umumnya orang tersebut merasa canggung dan insecure saat berkomunikasi dengan orang lain.

Tak jarang karakter tersebut juga menyebabkan dirinya merasa tidak percaya diri bahkan gugup saat ada yang mengajaknya bicara.

Sikap pemalu, jika terus dibiarkan hingga bertambah parah, bisa mengganggu hubungan dengan orang lain. Bila tidak segera diatasai maka sifat tersebut akan dapat menjadi penghalang (mental block) untuk seseorang meraih impian serta cita-citanya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi pemalu.

1# Malu karena masa lalu

Sifat ini muncul karena adanya pengalaman yang kurang menyenangkan di masa lalu, seperti direndahkan, diejek atau dibully, serta tidak diapresiasi. Hal tersebut dapat terjadi di dalam keluarga ataupun di lingkungan tempatnya bertumbuh.

Kondisi ini tentu harus segera diatasi agar masa lalu yang menyakitkan dan membuat trauma tidak menjadi penghalang untuk melangkah maju. Salah satu cara untuk mengatasi rasa pemalu yang ditimbulkan karena masa lalu adalah dengan memaafkan.

2# Malu karena belum terbiasa

Beberapa orang sering merasa canggung dan malu untuk bersosialisasi saat masuk ke dalam lingkungan yang baru. Umumnya orang tersebut membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi. Untuk rasa malu dengan jenis ini dapat diatasi dengan cara lebih sering bersosialisasi dengan lingkungan dan bertemu dengan orang banyak.

3# Malu karena demam panggung

Pemalu dengan tipe ini muncul saat harus berbicara atau presentasi di depan orang banyak atau di satu forum. Sebenarnya hal ini adalah hal yang umum terjadi pada hampir setiap orang, khususnya bagi seseorang yang memiliki sifat pemalu. Ia khawatir akan ditertawakan orang biasanya menghantui orang tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, ia harus sering berlatih berbicara di depan publik agar bisa memahami bahwa reaksi audience tidak semenakutkan yang ia pikirkan, sehingga secara perlahan sifat pemalunya akan terkikis dan berubah menjadi rasa percaya diri.

4# Malu karena minder

Pemalu jenis ini muncul karena adanya rasa insecure yang muncul di dalam dirinya. Biasanya rasa ini muncul karena ia membandingkan dirinya dengan orang lain, sehingga ia hanya melihat sisi negatif di dalam dirinya. Rasa ini tentu harus segera diatasi, dengan cara lebih mengeksplorasi kelebihan-kelebihan yang ada di dalam dirinya agar muncul rasa percaya diri.




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family