Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SERING menyalahkan diri sendiri bisa menjadi tanda bahwa kamu belum bisa berdamai dengan diri sendiri dari sebuah kesalahan yang mungkin terjadi di masa lalu.

Salah satu cara untuk mengatasi pikiran itu adalah dengan berdamai oleh masa lalumu, yang akan dapat membantumu menerima diri sendiri serta menjalani kehidupan yang baik di masa depan.

Untuk mengetahui caranya, kamu bisa simak tips di bawah ini.

1. Ingat kesalahan masa lalu sebagai sebuah sejarah

Tidak peduli berapa banyak kesalahan yang kamu buat di masa lalu, kamu perlu menyadari bahwa kamu tidak dapat mengubahnya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menganggap kesalahan itu adalah sebuah sejarah dan belajar untuk memperbaikinya agar tidak terulangd di masa depan.

2. Kesalahan bagian dari kehidupan

Orang sukses sekalipun pasti pernah melakukan kesalahan semasa hidupnya. Sudah saatnya bagi dirimu untuk memaafkan diri sendiri dari kesalahan di masa lalu. Hal ini akan membantu untuk melupakan dan move on dari kesalahan yang mungkin membekas diingatanmu. Ingatlah bahwa kesalahan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah pengalaman kehidupan.

3. Meditasi

Salah satu cara terbaik untuk berdamai dengan diri sendiri dari pikiran-pikiran yang mengganggu adalah dengan meditasi. Hal ini dapat membantu menyingkirkan semua prasangka negatif dan membuat lebih tenang menjalani kehidupan. Jadi, luangkan waktu dari semua jadwal sibuk dan berlatih meditasi.

4. Menulis buku harian

Menuangkan semua perasaan kecewa, marah, kesal, sedih, atau apapun yang kamu rasakan dalam sebuah tulisan di buku harian. Tulislah juga apa yang ingin kamu ubah dan apa yang kamu inginkan. Menuangkan isi hati melalui tulisan dapat membantumu menghilangkan stres, karena mungkin kamu tidak nyaman membagikan perasaan kepada orang lain.

5. Bicara pada diri sendiri

Luangkanlah waktu untuk sekedar bicara pada diri sendiri dan keluarkanlah semua masalahmu. Lakukan hal ini selama 5 hingga 10 menit, setiap hari. Hal ini dipercaya dapat membantu mengeluarkan semua perasaan frustasi dan hal negatif yang ada.

Jangan lupa, ucapkan kata-kata baik kepada diri sendiri, seperti tidak apa membuat kesalahan. Sebab, tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna. Biarkanlah kesalahan tersebut menjadi sebuah pelajaran berharga dan fokus pada persiapan diri untuk masa depan.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk berdamai dengan dirimu sendiri atas kesalahan di masa lalu. Memang, melupakan masa lalu adalah hal yang sulit, namun jangan biarkan kesalahan masa lalu merusak hidup di masa depan.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family