KOMENTAR

SEPRAI memiliki fungsi yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi kita saat beristirahat di tempat tidur. Selain memberikan kenyamanan, seprai juga dapat meningkatkan nilai estetika pada kamar tidur kita.

Untuk mendapatkan kedua hal tersebut, kita harus memperhatikan bahan kain yang dijadikan seprai. Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasa digunakan untuk seprai:

1# Tencel

Kain ini dikenal sebagai katun organik. Karakter kain ini lembut, nyaman dan mudah menyerap air, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sprei. Kain ini juga cukup aman digunakan oleh orang-orang yang memiliki kulit sensitif, karena tidak akan membuat alergi dan iritasi. Selain itu kain Tencel merupakan salah satu kain yang tidak mudah kusut ketika digunakan.

2# Katun catra

Katun Catra adalah kain yang terdiri atas campuran 80 persen katun dan 20 persen polyester. Dengan komposisi tersebut, kain ini cukup adem, lembut dan nyaman saat digunakan menjadi bahan seprai.

3# Katun panca

Kain katun ini memiliki komposisi 50 persen katun dan 50 persen polyester. Meskipun tidak sehalus kain katun catra namun, kain ini relatif cukup lembut dan adem untuk dijadikan alas tidur.

4# Katun CVC

Kain ini ini dikenal dengan sebutan katun korea. Katun CVC tersusun atas 60 hingga 75 persen katun dan sisanya adalah bahan viscose. Karakteristik katun CVC adalah lembut, adem dan nyaman serta tidak mudah kusut, sehingga kain ini cocok dijadikan seprai pada berbagai cuaca.

5# Kain katun Jepang

Kain katun Jepang memiliki karakteristik dingin, lembut, halus dan tidak mudah pudar meskipun dicuci berulang kali. Warna kain ini relatif mengkilap atau glossy, serta lebih cerah dibandingkan dengan katun lainnya.

6# Kain katun Twill (Canon)

Kain Twill atau Canon dikenal dengan nama katun Cina. Kain ini memiliki dua kualitas, ada yang berkualitas bagus seperti katun Jepang, yang bersifat lembut dan adem, namun adapula yang berkualitas rendah dengan tekstur tipis dan warna yang kurang cerah.

7# Kain Jacquard (King Koil)

Kain ini memiliki tekstur yang dingin dan lembut karena terdiri dari 100 persen katun. Motif pada kain ini relatif sederhana dan tidak terlalu menonjol.

8# Kain sutra (Silk)

Kain sutra merupakan satu bahan sprei yang lembut dan elegan. Untuk dijadikan sprei, umumnya kain katun ini dikombinasikan dengan katun, sehingga lebih awet dan tahan lama.

9# Kain Seprai TC (Poly TC)

Kain ini merupakan salah satu kain yang berkualitas rendah, namun paling sering digunakan oleh para produsen sprei. Tekstur kain sedikit kasar dan berbulu, selain itu warna pada kain ini juga mudah luntur ketika digunakan.




Waspada Pencurian Data di Dunia Internet, Lakukan 8 Kiat Ini untuk Menghindarinya

Sebelumnya

7 Cara Mencegah Penculikan Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family