KOMENTAR

MONOSODIUM glutamat yang sering dikenal dengan nama vetsin merupakan bahan penambah cita rasa masakan.

Selain menjadi bahan masakan, sebenarnya vetsin memiliki manfaat lain bagi tanaman. Dirujuk dari laman Whyfarmit,vetsin memiliki kandungan nitrogen dan mineral yang dapat memberi nutrisi pada tanaman.

Hal tersebut membuat vetsin sering dijadikan alternatif pupuk organik oleh orang-orang yang menyukai tanaman, karena dibanding pupuk kimia, harga vetsin relatif lebih murah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat vetsin untuk tanaman.

1# Menyuburkan tanaman

Vetsin bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada tanaman. Selain itu vetsin juga dapat merangsang agar tanaman dapat berbuah dan berbunga lebih cepat.

2# Meningkatkan kadar air pada tanaman

Vetsin mengandung senyawa natrium, yang dapat meningkatkan kadar air di dalam tanaman. Dengan demikian vetsin membantu untuk menghindari tanaman dari kekeringan.

Meskipun demikian, penggunaan vetsin juga tetap harus dikontrol agar tidak merusak tanaman.

3# Merangsang pertumbuhan akar

Kandungan potasium pada vetsin dapat membantu merangsang dan memperkuat pertumbuhan akar, sehingga dapat membuat tanaman lebih sehat. Untuk tanaman yang memiliki bunga, warnanya menjadi lebih tegas dan menarik.

4# Meningkatkan kualitas tanah

Sejumlah senyawa kimia yang terdapat di dalam vetsin dapat membantu meningkatkan kualitas tanah dan membantu retensi air sehingga tanah menjadi lebih lembap dan penuh nutrisi.

Kandungan belerang pada vetsin dapat berfungsi sebagai desinfektan tanah yang dapat membasmi beberapa bakteri penyebab penyakit.

Vetsin dianggap sebagai pupuk organik karena dihasilkan dari fermentasi bahan nabati seperti jagung, tebu atau singkong.

Sebagai pupuk, vetsin dianggap relatif lebih aman dibandingkan dengan pupuk kimia yang kemungkinan mengandung sejumlah logam berat yang dapat mencemari tanah dan lingkungan.

5# Tanaman lebih tahan hama

Vetsin mengandung kalium yang dapat membantu tanaman lebih tahan terhadap hama seperti serangga dan kutu tanaman. Kalium juga dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, serta meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.




Waspada Pencurian Data di Dunia Internet, Lakukan 8 Kiat Ini untuk Menghindarinya

Sebelumnya

7 Cara Mencegah Penculikan Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family