Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DI musim penghujan ini, pilek menjadi salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan. Hal ini juga perlu untuk diwaspadai, sebab gejalanya mirip dengan virus Covid-19.

Jika saat ini kamu sudah terlanjur terserang pilek, segeralah minum air putih sebanyak-banyaknya. Air putih dapat membantu mengeluarkan lender dan menyembuhkan pilek. Ada baiknya mengonsumsi air putih 2 sampai 3 gelas lebih banyak dari yang biasa kamu minum.

Kemudian madu. Sebuah studi menyebutkan, madu dapat membantu mengurangi pilek dan batuk pada anak. Namun harus diingat, madu tidak boleh diberikan pada anak yang belum genap berusia 1.

Menyemprotkan campuran air garam dan baking soda pada hidung, juga ampuh untuk mengatasi pilek. Campuran ini bisa membersihkan hidung, sehingga lendir cepat keluar.

Caranya, rebus secangkir air sampai matang. Kemudian, masukkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Tunggu hingga suhu air setara suhu ruangan. Lalu, semprotkan campuran air tersebut ke hidung.

Selanjutnya adalah humidifier. Uap yang dihasilkan dari pelembap udara dapat membantu melonggarkan sistem pernapasan tubuh, sehingga dapat segera memudahkan napas dan mengencerkan lendir.

Mengonsumsi jus bit juga dapat meredakan gejala pilek dengan cepat. Sebab, buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Nitrat pada bit bisa meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam tubuh. Zat ini dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari infeksi pernapasan, termasuk pilek.

Jika cara-cara di atas belum sanggup mengusir pilek, coba beberapa cara alami lainnya:

  • Minum segelas teh hangat yang mengandung herbal antiinflamasi dan antihistamin, seperti chamomile, jahe, mint, atau jelatang.
  • Mandi air hangat akan membantu mengendurkan otot-otot yang tegang akibat terserang flu. Otot yang rileks akan mempermudah untuk membantu tubuh menghadang flu.
  • Mengonsumsi makanan yang pedas. Rempah-rempah panas seperti cabai cayenne atau cayenne pepper, ghost pepper, habanero, wasabi, atau jahe adalah pilihan yang bagus untuk bisa dikonsumsi guna membantu mengatasi hidung meler dan hidung tersumbat.

Jadi, tidak perlu banyak obat untuk mengatasi flu atau pilek. Cukup konsumsi sejumlah makanan atau minuman di atas dan lakukan cara alami lainnya.




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health