Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SETIAP pasangan pasti pernah mengalami konflik, terutama disebabkan karena cemburu. Jika tidak dikelola dengan baik, cemburu yang tidak beralasan atau cemburu buta, membuat hubungan rumah tangga menjadi retak.

Padahal, dalam menjaga keromantisan hubungan, cemburu diperlukan sebagai ‘bumbu’ rumah tangga. Alasan-alasan berikut ini menunjukkan seberapa penting rasa cemburu hadir di kehidupan suami istri.

Memperkuat hubungan asmara

Cemburu tidak beralasan seringkali memyebabkan masalah dalam hubungan. Cemburu bisa membuat pasangan berperilaku negatif, bahkan cenderung berbahaya. Padahal, kecemburuan adalah perasaan adaptif yang alami, suatu cara mengekspresikan diri untuk menjaga hubungan agar lebih kuat. Merasa cemburu bisa menandakan ada suatu nilai dalam sebuah hubungan.

Menjaga hubungan tetap romantis

Helen Fisher, PhD, seorang antropolog biologi mengatakan, kecemburuan bisa memberikan dampak baik untuk membuat hubungan tetap romantis. Namun yang harus diperhatikan adalah intensitasnya yang wajar. Dengan cemburu, seseorang akan memahami bahwa ada hati yang perlu dijaga, sehingga ia akan lebih berhati-hati bersikap, terutama dengan lawan jenis.

Bentuk kepedulian

Dengan cemburu, berarti kamu peduli dengan pasangan. Kamu akan menghargai pasangan dan tidak ingin kehilangannya. Kecemburuan dalam batas yang wajar menjadi pertanda hubungan yang sehat.

Memperkuat komunikasi dengan pasangan

Cemburu yang dilakukan dalam batas wajar bisa jadi hal positif. Kecemburuan adalah emosi manusia yang normal dan perlu diluapkan. Untuk bisa melepaskannya, kamu harus berkomunikasi dengan pasangan, ceritakan apa yang dirasakan. Di sinilah fungsi kecemburuan memperkuat komunikasi dengan pasangan. Komunikasi dibutuhkan agar bisa terjaga dan dapat saling mengerti satu sama lain.

Terkadang, kecemburuan lahir dari harga diri yang rendah, seperti merasa tidak layak untuk pasangan dan menjadi tidak aman jika pasangan bergaul dengan teman lawan jenisnya.

Jika kamu merasakan hal itu, kamu perlu mencintai diri sendiri karena dengan begitu kamu akan merasa lebih percaya diri.

Mungkin memang sulit untuk menerima rasa cemburu, tapi ada beberapa cara untuk mengekspresikannya dengan sehat. Ketahuilah bahwa kamu yang seharusnya diperlakukan dengan hormat.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family