KOMENTAR

MENIKMATI ayam saus teriyaki dengan rasa manis gurih memang nikmat. Tapi jika makan teriyaki menjadi satu kegemaran yang yang sering dilakukan, kita harus hati-hati.

Ada sejumlah efek samping bagi kesehatan tubuh yang menurut ahli diet bisa disebabkan konsumsi saus teriyaki.

Mengonsumsi natrium berlebihan

Rasa saus ini identik dengan dosis garam yang kuat. Seperti halnya kecap, saus teriyaki ini dikenal sebagai bahan penyebab natrium tinggi.

Terlalu banyak konsumsi natrium dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah tinggi dan peningkatan risiko penyakit jantung juga stroke.

Memperburuk sindrom iritasi usus besar

Saus teriyaki dapat meningkatkan gejala iritasi usus besar. Kondisi gastrointestinal ini dapat dipicu konsumsi oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol (FODMAP) yang dapat difermentasi dalam makanan. Bawang putih dan bawang bombay dikenal sebagai karbohidrat yang dapat difermentasi yang bisa menyebabkan kekambuhan seperti ketidaknyamanan perut, diare atau sembelit, gas, dan kembung.

Melebihi target gula tambahan

Terlalu banyak gula dalam makanan dari sumber seperti gula tebu, gula bit, molase, sirup, nektar, dan madu dapat dengan mudah mulai menghilangkan nutrisi yang baik di piring kita. Saus teriyaki menyediakan tiga hingga delapan gram gula tambahan per sendok makan, dan ini bisa bertambah jika kita tidak mengukur berapa banyak yang kita gunakan, dan sering dikonsumsi. Kebanyakan orang dewasa harus berusaha untuk tetap di bawah 50 gram gula tambahan setiap hari.

Membuat berat badan naik secara bertahap

Saus teriyaki dianggap sebagai makanan ultra-olahan yang mengandung sedikit atau tidak ada makanan utuh dan dikaitkan dengan penambahan berat badan, seperti yang dibahas dalam studi 2019 di Cell Metabolism.

Selain itu, setiap kelebihan kalori dalam makanan kita di luar apa yang kita keluarkan dapat menyebabkan surplus kalori yang dapat menjadi katalis untuk penambahan berat badan.

Saus teriyaki mengandung antara 15–45 kalori per sendok makan, tergantung mereknya. Sebagian besar kenaikan berat badan terjadi secara progresif selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun, bukan berhari-hari atau berminggu-minggu.

Keputusan makanan kecil yang kita buat berulang kali dapat memprediksi kemungkinan kenaikan berat badan di masa depan dan kebiasaan seperti saus berlebihan pada makanan dapat menjadi faktor penyebabnya, seperti dilansir dari Eatthis.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family