Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MENJAGA anak tetap aktif dan ceria meskipun sudah masuk musim penghujan, menjadi pekerjaan rumah (PR) terberat untuk Bunda. Apalagi, bahaya penyakit musiman seperti influenza, diare, demam, dan sebagainya, bisa kapan saja menyerang anak.

Penting bagi Bunda untuk terus menjaga imunitas anak, agar tetap fit dalam kondisi apapun. Tidak hanya membekali anak dengan berbagai asupan bergizi, ini beberapa rekomendasi kegiatan yang perlu dipersiapkan bunda untuk membuat anak tetap sehat dan bugar.

Yang pertama adalah istirahat atau tidur yang cukup. Biasakan untuk menerapkan tidur dengan durasi yang cukup. Selain makan makanan yang bergizi, tidur dengan durasi yang cukup disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Adapun durasi tidur yang dibutuhkan anak-anak sesuai dengan kategori usianya adalah:

- usia 1-2 tahun disarankan tidur 11-14 jam per hari.

- usia 3-5 tahun sebaiknya tidur selama 10-13 jam per hari.

- usia 6-11 tahun sekitar 9-11 jam per hari.

Kedua, biarkan anak untuk tetap aktif bergerak. Perbanyaklah aktivitas fisik untuk anak-anak. Selayaknya orang dewasa, anak-anak juga perlu untuk melakukan olahraga agar badannya lebih bugar.

Tidak perlu melakukan olahraga berat, namun para balita atau anak-anak yang berusia 1-5 tahun hanya disarankan untuk aktif bergerak selama 3 jam per hari. Bunda bisa mengajaknya banyak bermain di dalam rumah.

Ketiga, sebaiknya kurangi konsumsi gula. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat memicu sugar rush pada anak-anak, yang membuat anak-anak menjadi hiperaktif daripada biasanya.

Selain itu kebiasaan memberi makanan manis yang berlebihan bagi anak-anak dapat memicu banyaknya penyakit yang akan menyerang. Seperti diabetes, sakit gigi, obesitas, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu penting bagi para orang tua untuk membatasi asupan gula pada anak-anak kurang dari 10 persen dari total kalori per hari.

Selain itu, biasakan anak-anak untuk terus menjaga kebersihan tangan mereka dengan mengajarkannya cuci tangan. Sebab, penyakit biasanya datang dari kuman yang berasal dari mainan yang dipegang anak-anak.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health