KOMENTAR

RAYON merupakan salah satu jenis kain yang populer. Dengan unsur kimia karbon, hidrogen, dan oksigen, bahan ini memiliki daya serap yang tinggi menyerupai katun.

Tekstur rayon yang halus pada permukaan, terasa lembut dan nyaman di kulit. Hal tersebut menjadikan bahan rayon harus dirawat dengan ekstra hati-hati agar tidak cepat rusak. Karena bahan rayon sangat mudah rusak dan berubah warna bila tidak dirawat dengan baik dan benar.

Agar tetap awet, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan pada bahan rayon.

1# Cuci dengan tangan

Salah satu cara untuk merawat bahan rayon adalah dengan cara mencucinya dengan tangan. Bahan ini relatif rapuh dan mudah rusak, karena bahan ini memiliki kombinasi yang beragam dalam proses pembuatannya.

Hindari penggunaan mesin cuci, karena berpotensi merusak bahan rayon.

2# Jangan disikat

Hindari menyikat bahan rayon, karena dapat merusak serat pada bahan tersebut. Cukup dengan mengucek bahan perlahan dengan air yang diberi sabun ringan.

Meskipun sedikit memakan waktu yang cukup lama untuk mencucinya, namun hal tersebut dapat membuat bahan rayon menjadi lebih awet.

3# Hindari pemutih

Hindari penggunaan bahan pemutih untuk mencuci serat rayon. Bila bahan memiliki noda, gunakan air yang diberi baking soda dan sedikit lemon untuk menghilangkan noda tersebut. Namun jangan terlalu sering menggunakan bahan tersebut karena dapat merusak warna rayon.

4# Mengeringkan manual

Keringkan pakaian berbahan rayon secara manual, dengan cara digantung dan diangin-anginkan di tempat yang sejuk. Hindari penggunaan sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan bahan rayon menjadi pudar dan rapuh.

5# Setrika dengan temperatur rendah

Bahan rayon cukup tahan terhadap panas, sehingga mudah disetrika dan dirapikan meskipun dengan suhu setrika yang rendah. Hindari penggunaan suhu tinggi pada alat setrika, agar bahan tidak rusak dan berubah warna menjadi kekuningan.

Bila ingin menggunakan suhu tinggi, gunakan kain pelapis di atas bahan rayon agar panas dari setrika tidak langsung mengenai bahan rayon.




Jadi Discover The Unseen Ikon Make Over, Isyana Sarasvati Pamerkan Lip Gloss Andalan

Sebelumnya

Makeup untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga