KOMENTAR

MEMASAK merupakan kebutuhan dalam setiap rumah tangga. Kegiatan ini selain berfungsi memenuhi kebutuhan pangan juga dapat meningkatkan keharmonisan di dalam keluarga.

Untuk memasak, kita perlu memerlukan aneka peralatan yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan  dan teknik memasak. Dari sekian banyak alat memasak, ada beberapa peralatan dasar memasak yang harus dimiliki oleh setiap keluarga, antara lain:

Pisau

Pisau merupakan salah satu peralatan mendasar yang harus dimiliki di rumah tangga. Pilihlah pisau dengan gagang yang nyaman dan mata pisau yang berkualitas, sehingga pekerjaan mengupas, menyiangi dan memotong sayuran dapat dilakukan dengan lancar dan cepat.

Setelah selesai digunakan, cuci dan keringkan pisau dan letakkan di tempatnya semula, untuk memudahkan kita menggunakannya kembali. Selain itu jangan lupa untuk mengasah pisau apabila sudah terasa agak tumpul.

Talenan

Hal berikutnya yang penting untuk dimiliki di dalam dapur rumah tangga adalah talenan. Fungsi talenan adalah memberikan alas untuk mengiris atau memotong bahan makanan. Gunakan talenan dari kayu agar lebih kokoh dan tidak mudah rusak.

Bedakan antara talenan untuk memotong buah atau sayur dengan talenan untuk memotong daging atau ikan, agar bahan makanan tersebut tidak saling mengkontaminasi dan meninggalkan bau yang kurang sedap pada saat memasak.

Bersihkan talenan dengan sabun dan air mengalir sampai bersih, agar tidak menjadi sarang bakteri atau jamuran.

Wajan

Peralatan ini sangat penting untuk memasak makan yang digoreng. Pilihlah wajan yang anti lengket. Bisa dari bahan aluminium asli ataupun yang bercoating granit atau keramik. Pada saat membeli wajan, kita juga harus membeli sutil atau alat yang digunakan membalik makanan yang sedang digoreng.

Untuk wajan aluminium, kita dapat menggunakan sutil yang berbahan aluminium atau besi. Sedangkan yang berlapir teflon atau granit, kita harus menggunakan yang berbahan kayu.

Panci

Peralatan dasar berikutnya yang harus dimiliki di dalam rumah tangga adalah panci. Panci merupakan alat yang dibutuhkan untuk merebus aneka masakan atau membuat sayuran berkuah. Pilih panci yang berbahan dasar aluminum agar dapat menghantarkan panas lebih baik.

Sesuaikan ukuran panci dengan kebutuhan. Setelah selesai digunakan, cuci dengan sabun dan air mengalir sampai bersih dan tidak meninggalkan bau.




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family