KOMENTAR

BANYAK perempuan kerap ‘gelap mata’ saat membeli kosmetik. Terlebih saat ada promo alias harga diskon, kosmetik dibeli tapi tidak sempat dipakai hingga tanggal kedaluwarsa terlewati. Dalam kondisi tersegel, lipstik atau bedak itu tergolek manis di dalam laci meja rias.

Pertanyaannya, apakah kosmetik kedaluwarsa yang masih tersegel rapi tersebut masih aman digunakan?

Seperti halnya makanan, kosmetik memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika produk telah melewati expired date, maka sudah tidak aman lagi digunakan. Selain efeknya tidak maksimal, penggunaan produk kedaluwarsa tersebut akan berdampak buruk terhadap kesehatan kulit kita.

Berikut ini beberapa masalah kulit yang bisa terjadi saat kita mengaplikasikan kosmetik kedaluwarsa.

Munculnya jerawat

Hal yang paling sering terjadi jika kita menggunakan kosmetik yang kedaluwarsa adalah munculnya jerawat. Hal tersebut terjadi karena lapisan minyak pada kosmetik kedaluwarsa naik ke permukaan kosmetik dan mengumpul di lapisan teratas.

Bila kita memulaskan kosmetik kedaluwarsa tersebut ke wajah, maka kandungan minyak yang tinggi akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan radang pada kulit wajah.

Iritasi kulit

Risiko berikutnya yang menyebabkan kosmetik kedaluwarsa berbahaya adalah iritasi kulit. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan bakteri pada kosmetik yang rusak tersebut. Bakteri akan bereaksi pada kulit dan menimbulkan peradangan seperti bintik kemerahan hingga kulit yang mengelupas.

Bibir mengelupas dan bengkak

Lipstik dan produk untuk bibir lainnya yang kedaluwarsa akan menimbulkan efek negatif bila digunakan. Akibat yang ditimbulkan antara lain: bibir menjadi kering dan pecah-pecah, kulit bibir mengelupas, bahkan bengkak.

Iritasi mata

Kosmetik kedaluwarsa dapat menimbulkan masalah pada mata, antara lain iritasi. Mata dapat menjadi gatal, kemerahan, perih bahkan berisiko terjadi infeksi pada mata.

Selain itu, kosmetik kedaluwarsa dapat menyebabkan bintitan pada mata. Hal tersebut terjadi karena bakteri yang berkembang pada kosmetik mengiritasi dan menyebabkan peradangan pada mata.

Bagi para perempuan, kita harus bisa menjadi smart buyer yang bijak dalam berbelanja berbagai kebutuhan penunjang penampilan, termasuk kosmetik.

Jangan tergiur promo atau diskon semata,karena hanya akan membuat kita melakukan pemborosan dan menyebabkan stok kosmetik di rumah menumpuk dan tidak terpakai.




Jadi Discover The Unseen Ikon Make Over, Isyana Sarasvati Pamerkan Lip Gloss Andalan

Sebelumnya

Makeup untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga