KOMENTAR

MENGEMBANGKAN bisnis tidaklah semudah teori yang disampaikan oleh para mentor di dalam seminar atau training bisnis. Diperlukan pengorbanan dan kerja keras agar bisnis dapat berkembang sampai menghasilkan profit dan dapat dijadikan sumber pendapatan.

Agar dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang ketat, kita harus terus belajar dan memotivasi diri.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar bisnis dapat terus bertumbuh.

Ciptakan produk berkualitas

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis adalah dengan menciptakan produk yang berkualitas. Hal tersebut akan menarik minat para pelanggan. Umumnya, semakin baik kualitas yang kita hasilkan, semakin banyak pelanggan yang akan datang.

Pahami kebutuhan pelanggan 

Dalam berbisnis, pelanggan adalah raja. Kepuasan pelanggan merupakan kunci kesuksesan sebuah bisnis. Secara berkala, lakukan survei atau interaksi langsung agar kita dapat memahami keinginan pelanggan. Jangan gengsi untuk meminta masukan terkait kualitas dari produk yang menjadi komoditi bisnis kita.

Tingkatkan pelayanan

Pelayanan adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis karena merupakan ujung tombak yang menghubungkan antara produk dengan pelanggan. Kualitas produk yang tinggi tanpa disertai dengan pelayanan yang baik akan membuat pelanggan kecewa.

Untuk itu kita harus meningkatkan pelayanan demi menjaga loyalitas pelanggan, seperti mengganti produk apabila ditemukan cacat atau rusak.

Jeli dalam memilih pegawai

Pegawai merupakan aset dalam bisnis. Untuk itu kita perlu memilih dan mendidiknya dengan tepat. Pada saat proses rekrutmen, pilihlah orang yang jujur, mau belajar, berkomitmen tinggi, dan dapat diajak bekerja sama. Dengan begitu, akan terbentuk tim yang solid sehingga tujuan bisnis dapat segera tercapai secara efektif dan efisien.

Manfaatkan teknologi

Saat ini penggunaan teknologi merupakan keharusan agar bisnis dapat berkembang dan maju. Kecanggihan teknologi dapat membantu mempromosikan produk dari bisnis kita ke berbagai platform sosial media.

Selain membantu mempromosikan produk, kecanggihan teknologi membantu mengamati tren pasar yang sedang berkembang serta pergerakan kompetitor. Dengan begitu, kita dapat melakukan inovasi dan menemukan strategi pemasaran yang jitu agar tidak ketinggalan jaman.

Perluas jaringan

Dalam berbisnis diperlukan keluwesan dalam berhubungan dengan masyarakat. Hal tersebut penting untuk memperluas jaringan dan mengembangkan bisnis kita. Selain itu jaringan yang luas juga dapat membantu kita mencari investor yang dapat bekerja sama dalam waktu yang panjang.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family