Tangkapan layar Baznas TV
Tangkapan layar Baznas TV
KOMENTAR

BERTEPATAN dengan Peringatan Hari Santri Nasional di Istana Wakil Presiden, Wapres Ma'ruf Amin meluncurkan Beasiswa Santri Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2022, Sabtu (22/10/2022).

Menurut Wapres, Beasiswa Santri Baznas menjadi bagian dari gerakan perjuangan santri di Tanah Air. Sebuah perjuangan panjang yang telah dimulai sejak masa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah hingga mempertahankan kedaulatan NKRI.

Wapres juga menekankan pentingnya para santri menyiapkan mental dan ilmu untuk terus berjuang dan berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan umat.

Seorang santri, menurut Wapres, harus mampu menebar manfaat di mana pun dia berada dan dalam kondisi apa pun.

"Istilah saya, kalau dibuang di laut harus jadi pulau, kalau dibuang di darat harus jadi gunung. Jadi, di mana saja ditempatkan, harus memberi manfaat."

Hingga saat ini, Beasiswa Santri Baznas telah diberikan kepada ribuan santri. Wapres berharap jumlah tersebut akan semakin meningkat.

"Beasiswa Santri Baznas diharapkan dapat mendorong program penanggulangan kemiskinan. Melalui pendidikan, tidak hanya santri yang berkembang, keluarga santri juga terangkat secara ekonomi, bahkan orang di sekeliling pesantren juga terbantu," kata Wapres di Jakarta.

Wapres Ma'ruf Amin tak lupa berpesan pada para santri berprestasi penerima beasiswa agar giat belajar demi menyelesaikan pendidikan tepat waktu. Dengan demikian, mereka bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, terutama untuk menembus perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi favorit lain.

"Kita menanti kalian menjadi kader penerus bangsa yang profesional, dan menjadi pemimpin negara di masa depan," ujar Wapres sambil menyebut nama Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang berhasil menjadi Presiden RI.

"Dengan ucapan bismillah, Beasiswa Santri Baznas 2022 saya nyatakan resmi diluncurkan."

Baznas menyambut bahagia peluncuran beasiswa santri di Istana Wapres.

"Kami merasa sangat penting untuk peluncuran Beasiswa Santri Baznas 2022 di Istana Wapres dan diluncurkan langsung oleh Wapres yang merupakan Bapak Santri Indonesia. Kehadiran santri punya sejarah yang sangat panjang. Eksistensi pendidikan di Indonesia pun tak lepas dari peran santri," kata Ketua Baznas Noor Ahmad.

Beasiswa Santri Baznas 2022 diberikan kepada 2.500 santri agar mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Baznas juga akan meluncurkan 300 beasiswa untuk santri yang akan melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar di Mesir.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 27 Tahun 2022, upacara Peringatan Hari Santri Nasional dilaksanakan serentak pada 22 Oktober 2022.

Selamat Hari Santri Nasional, semoga kecerdasan akademik senantiasa menyatu harmonis dengan takwa dan akhlak.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News